PALEMBANG

Peringati Milad ke 356, Kesultanan Palembang Launching Bulan Budaya Palembang Darussalam

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Dalam rangka memperingati milad ke 356, Kesultanan Palembang Darussalam menggelar berbagai macam kegiatan salah satunya melaunching Bulan Budaya Palembang Darussalam.

Bertepatan pada kamis, 3 Maret 2022 pagi tadi Rombongan melakukan zikir dan ziarah di Komplek Makam Candi Welan, Makam Susuhunan Sultan Abdurrahman Khalifatul Mukminin Sayyidul Iman yang merupakan pendiri Kesultanan Palembang Darussalam.

Kemudian dilanjutkan acara puncak pembukaan Bulan Budaya Palembang Darussalam pada Kamis (3/3/22) sore di Lantai IV Palembang Square Mall ditandai dengan pemukulan gendang dan pemotongan tumpeng oleh Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jayo Wikramo RM Fauwaz Diradja.

Menurut Ketua Panitia Milad KPD, Vebri Al Lintani, mengatakan bahwa pendirian Kesultanan Palembang Darussalam sejak 3 Maret 1666 yang dihitung sekarang sudah  356 tahun.
“Sore ini kita akan melaunching kegiatan juga di hibur oleh penyanyi yang menyanyikan lagi palembang, pembacaan puisi serta tarian khas palembang juga ada pemotongan tumpeng dan perkenalan finalis putra putri palembang darussalam,”katanya.

Adapun beberapa kegiatan berlangsung hingga 3 pekan kedepan yaitu Funbike kesultanan, ziarah makam pendiri kesultanan, simposium revitalisasi BKB, seminar geliat ekonomi dimasa kesultanan, lomba konten IG, lomba baca ayat pendek dan terjemahan bahasa palembang, palembang darussalam carnival, pemberian gelar kesultanan palembang, pemilihan putra putri palembang darussalam.

Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jayo Wikramo RM Fauwaz Diradja mengatakan dalam kata sambutannya bahwa Nilai-nilai Keislaman dan Budaya Kota Palembang Darussalam mulai meredup dan menghilang, oleh karenanya pada moment ini diharapkan agar dapat meningkatkkan kembali karakter dan aura Kota Palembang yang Darussalam emas.

Kesultanan darussalam palembang adalah kesultanan yang memilikki otoritas sendiri dengan kiblat kebudayaan melayu islam. Tanda dimulainya kebudayaan melayu islam.

“Kita akan hidupkan kembali palembang darussalam. Seperti kita berziarah makam pendiri kesultanan, kita buat wisata religi dengan dibuat kenyamanan saat berwisata, Dengan ketujuan mengingat kembali nilai nilai kesultanan yang dahulu berjaya,”katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Sultan Mahmud Badaruddin IV Jayo Wikramo RM Fauwaz Diradja SH Mkn, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Palembang, Isnaini Madani, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sulaiman Amin , Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan, Ketua panitia Vebri Al Lintani serta pihak terkait dan sejumlah komunitas yang ada di Palembang.

Reporter : Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button