SEHAT

Punya Banyak Manfaat, Kurma Baik Dikonsumsi Balita

MAKLUMATNEWS com,PALEMBANG –Kurma identik dengan salah satu menu buka puasa di bulan ramadhan. Dengan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun banyak orang mengonsumsi kurma sebagai cemilan sehari-hari.

Orang-orang mengkonsumsi kurma dalam berbagai cara. Ada yang dikonsumsi langsung, mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega untuk menjadikannya lebih nikmat.

Selain itu, tidak hanya orang dewasa, kurma juga sangat baik dikonsumsi oleh balita/ anak-anak karena kebaikan gizinya. Kurma merupakan sumber beragam vitamin dan mineral. Kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc.

Desmayanti, Salah seorang ibu yang biasa memberikan kurma kepada anaknya. Sejak anaknya usia 7 bulan, kurma menjadi pilihan favorit sebagai makanan pendamping Asi.

“Kami pilihkan kurma yang lembut seperti kurma Ajwa, atau yang lainnya yang penting teksturnya lembut,” katanya.

Hingga kini menginjak anaknya usia 2 tahun, setidaknya selalu ada kurma di toples kecil stok untuk sang anak. Apalagi anaknya terbilang sulit makan nasi dan sering GTM (gerakan tutup mulut) yang biasa dilakukan oleh anak-anak.

“Gantinya nasi itu kurma, dia mau kurma dibandingkan nasi. Tapi karena kurma lebih banyak manfaat dan kandungan nutrisinya, makanya kami selalu stok,” katanya.

Dengan sering konsumsi kurma, Alhamdulillah sang anak selalu sehat dan jarang tantrum seperti anak-anak lain. “Padahal anak saya itu terbilang bukan penyuka makanan manis seperti roti, cokelat, tapi kalau kurma dan buah-buahan yang lain dia suka,” katanya.

Berikut manfaat kurma bagi kesehatan tubuh:

1. Konstipasi : kurma seringkali dikategorikan sebagai makanan pencuci perut. Inilah sebabnya mengapa kurma sering dikonsumsi oleh orang yang menderita konstipasi.

BACA JUGA  Ini Risiko yang Timbul Bagi Kesehatan Ibu Hamil Usia Kurang dari 20 Tahun

2. Kesehatan dan Kekuatan Tulang : kandungan mineral yang sangat tiggi pada buah kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

3. Gangguan Usus : kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus.

4. Anemia : kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, yang bermanfaat untuk bermacam kondisi kesehatan, namun kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia.

5. Alergi : salah satu aspek paling menarik dari buah kurma adalah kandungan sulfur organik yang dimilikinya. Elemen ini bukanlah elemen umum yang bisa ditemukan pada makanan, namun memiliki manfaat kesehatan yang bermanfaat, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

6. Menaikkan Berat Badan : kurma perlu diikutsertakan ke dalam pola makan sehat. Kurma mengandung gula, protein, dan vitamin penting lainnya. Jika kurma dikonsumsi bersama dengan adonan mentimun, anda bisa menjaga berat badan anda tetap normal, seimbang, dan tidak terlalu kurus. Satu kilogram kurma mengandung kurang lebih 3.000 kalori, dan kalori pada kurma cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia.

7. Meningkatkan Energi : kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma merupakan camilan yang sangat baik jika anda memerlukan tambahan energi dengan cepat.

8. Kesehatan Sistem Syaraf : kandungan vitamin pada kurma menjadikan kurma ideal untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem syaraf. Potassium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak.

9. Kesehatan Jantung : kurma cukup membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Jika kurma direndam semalam, ditumbuk pada pagi hari, lalu dimakan, kurma akan menunjukkan dampak positif pada jantung yang lemah.

BACA JUGA  Mencegah Dehidrasi pada Bayi Mencret

10. Masalah Seksual : penelitian menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk meningkatkan stamina seksual. Rendam kurma dalam susu kambing murni semalam, lalu giling dicampur dengan serbuk kapulaga dan madu. Campuran ini menjadi tonik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan seksual dan mengurangi sterilitas yang disebabkan oleh gangguan seksual.

11. Rabun Senja : manfaat dari kurma sangatlah banyak, dan seringkali digunakan untuk mengobati kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokan.

13. Diare : kurma yang ranum mengandung potassium, yang dikenal efektif untuk mengendalikan diare.

14. Kanker Abdomen : penelitian menunjukkan kurma sebagai cara yang diakui untuk mengurangi risiko dan dampak dari kanker abdomen.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button