SUMSEL

7 Kepala Dinas Di Pemkab Muara Enim Bersaing Ikuti Seleksi Sekda

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Presentasi makalah dan wawancara seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda Muara Enim digelar di KPA Unsri Bukit, Senin (14/3/2022).

Panitia Seleksi yang juga Warek I Unsri Zainudin Nawawi mengatakan, masing masing pansel memiliki cara penilaian dari semua aspek terkait tugas, fungsi, dan jabatab Sekda. Karena masing masing peserta memiliki ciri gaya kepemimpinan dan komunikasi. “Diharapkan hasil yang terbaik untuk Muara Enim. Karena banyak aspek yang harus dipertimbangkan, karena Muara Enim merupakan kabupaten 3 besar di Sumsel dan dari tahun ke tahun seperti itu saja, ” ujarnya saat diwawancarai, Senin (14/3/2022).

Zainudin menuturkan, ada 7 nama yang ikut seleksi ini yakni Bakti jabatan Kadinsos di Muara Enim, Emran Tabrani jabatan Asisten Pemerintahan dan Kesra Muara Enim, Yulius jabatan Kadis Pemadaman Kebakaran dan Penyelematan Muara Enim, Rinaldo Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Muara Enim, Sofyan jabatan Kadis Penanaman Modal dan PTSP Muara Enim, Panca jabatan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan dan Ardian Arifandi jabatan Kadis Kominfo.

“Penilaian tidak hanya wawancara tapi juga ada fortopolio, asesment,” katanya.

Zainudin menjelaskan, jabatan sekda dievaluasi paling cepat 2 tahun, dan paling lama 5 tahun. Setelah itu apakah ada perpanjangan atau tidak itu dievaluasi. “Tentu ada penilaian kinerja Sekda, ada aturannya di KASN, ” bebernya.

Menurutnya, dengan sempat terjadinya kekosongan jabatan sekda sehingga ditunjuk Pj Sekda itu roda pemerintahan masih bisa berjalan.

“Namun Pj Sekda ini tidak bisa dibiarkan berlarut larut lama. Karena ada kewenangan yang harus ditangani Sekda defenitif. Dengan adanya lelang jabatan ini maka prosesnya akan lebih terbuka,” katanya.

“Untuk proses seleksi timsel ini hingga akhirnya nanti dilantik, kemungkinan tidak lebih dari satu bulan, ” tambah Zainudin.

BACA JUGA  Temuan Ombudsman Sumsel : Dari Kadis Tak Tahu Tugas dan Kewenangan Hingga Ketidakpatutan Melayani Masyarakat

Kepala Inspektur Provinsi Sumsel, Bambang Wirawan menambahkan, seleksi yang dilakukan terbuka seperti ini sebagai bentuk transparansi. “Saya sebagai salah satu pansel, mengawasi dan memantau seleksi ini sampai akhir,” bebernya.

Bambang menuturkan, untuk saat ini jabatan Sekda Muara enim itu ditunjuk Pj. Itu ada batas waktunya.

“Sekda itu jabatan tertinggi di pemda. Jadi harus memiliki pemikiran yang kreatif. Selain itu, harus amanat, multitalen dan punya loyalitas, ” paparnya

Sementara itu, Kepala BKSDM Muara Enim Harson Sunardi menambahkan saat ini ada 7 peserta yang ikut seleksi. Nanti disaring lagi menjadi 3 besar.

“Dari timsel ke pelantikan itu ada prosesnya. Sekarang Bupati juga masi Pj, kalau sudah defenitif setelah laporan ke Pansel bisa pengangkatan. Karena kalau Bupati Pj itu laporan ke KASN kemudian ke Kemendagri, ” tandasnya.

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button