EKONOMI

Kabar Gembira Bagi Jamaah Umroh, Bulan Juni, Sako Holidays Gunakan Tarif Normal Ibadah Umroh  

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Otoritas penerbangan sipil Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA) resmi memberikan kelonggaran kunjungan tanpa adanya karantina dan tes Polymerase chain R (PCR)

Sebelumnya, Arab Saudi menerapkan aturan karantina selama lima hari. Kebijakan karantina tersebut otomatis membuat harga Umroh menjadi berubah naik.

Dengan tidak adanya aturan karantina dan PCR, tentunya harga menjadi kembali menjadi normal. Meskipun masyarakat di Arab Saudi tidak perlu menjaga jarak di dalam masjid, termasuk bagi jemaah yang beribadah atau menjalankan umrah di Mekkah dan Madinah. Namun, aturan penggunaan masker masih harus diterapkan.

Owner Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh Sako Holidays Palembang, Emir Faisal mengatakan harga akan kembali normal pada bulan syawal atau bulan juni.

Jamaah yang telah mendaftarkan dan membayar diharga yang lama akan tetap diberangkatkan pada bulan maret 2022.

Pada pertengahan bulan April yang telah memasuki bulan Ramadhan. Sako Holidays hanya membuka untuk pelayanan umroh VIP dengan harga 50 juta paket 10 hari.

“Pertengahan umroh itu sudah ada yang bookinh, biasanya yang berangkat umroh pertengahan ramadhan yaiturata-rata  golongan yang pernah pergi umroh dengan maksimal 20 orang . Jamaah biasanya ingin menikmati nuansa dan suasana ramadhan seperti buka puasa dan sahur di Mekkah Madinah,”katanya.

Pada bulan syawal yang akan ditentukan tarif normal dengan kisaran biaya 30 hingga 32 juta tergantung pada jenis hotel yang dipilih dengan paket 9 hari.

Sebelumnya, harga umroh pada saat pandemi covid-19 mencapai 37 juta. Hal ini disebabkan ada biaya karantina dan harga tiket serta hotel yang mahal.

Pasalnya, selama pandemi hanya 70 % hotel di Madinah yang buka dan tersedia, sisanya tidak buka semua.

BACA JUGA  PT BPR Sumsel Tahun Ini Tidak Ada Suntikan Penambahan Modal  

“Karena yang membuat biaya umrah mahal itu ya adanya karantina. Tetapi ada beberapa travel seperti kita yang akan berangkat maret ini masih menggunakan harga lama, karena kita sudah pesan harga tiket dan hotel diharga lama,”katanya.

Perselisihan biaya sebelumnya dengan biaya normal akan datang mencapai empat juta.

Adapun fasilitas yang didapat yaitu tiket pesawat Palembang Jeddah/Madinah PP, Hotel Mekkah Madinah, Visa, Perlengkapan Umroh, Manasik, Perlengkapan Mutawif, Bus Tahun 2019/2020, Pembimbing Umroh, Pengurusan tas dibandara, makan selama umroh. Harga tidak termasuk pasport dan suntik vaksin, tips untuk pembimbing dan diluar yang disampaikan.

Reporter : Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button