NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5 Surat An Nisa’ Ayat  95 Berbeda Derajat Orang yang Berjihad Dijalan Allah dan Orang yang Berpangku Tangan 

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 95 berbunyi :

(لَّا یَسۡتَوِی ٱلۡقَـٰعِدُونَ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِینَ غَیۡرُ أُو۟لِی ٱلضَّرَرِ وَٱلۡمُجَـٰهِدُونَ فِی سَبِیلِ ٱللَّهِ بِأَمۡوَ ٰ⁠لِهِمۡ وَأَنفُسِهِمۡۚ فَضَّلَ ٱللَّهُ ٱلۡمُجَـٰهِدِینَ بِأَمۡوَ ٰ⁠لِهِمۡ وَأَنفُسِهِمۡ عَلَى ٱلۡقَـٰعِدِینَ دَرَجَةࣰۚ وَكُلࣰّا وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلۡحُسۡنَىٰۚ وَفَضَّلَ ٱللَّهُ ٱلۡمُجَـٰهِدِینَ عَلَى ٱلۡقَـٰعِدِینَ أَجۡرًا عَظِیمࣰا)

Artinya :

Tidaklah sama antara orang yang beriman yang duduk (yang tidak turut berperang) tanpa mempunyai uzur (halangan) dengan orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwanya. Allah melebihkan derajat orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk (tidak ikut berperang tanpa halangan). Kepada masing-masing, Allah menjanjikan (pahala) yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar.

Pada ayat ini Allah menjelaskan perbedaan derajat antara orang-orang yang berjuang di jalan Allah dan orang-orang yang yang berpangku tangan tidak berjuang padahal mereka memiliki kelengkapan anggota tubuh dan kesehatan.

Ayat ini memotivasi orang mukmin untuk berjuang dijalan Allah Swt baik dengan jiwa maupun dengan harta.

Mereka yang berjuang dijalan Allah dengan penuh kesungguhan jiwa dan hartanya memiliki derajat yang agung dan mulia dibandingkan mereka orang-orang mukmin yang berpangku tangan tidak ikut berjuang dijalan Allah bukan dikarenakan faktor kekurangan fisik seperti buta, pincang maupun sakit.

Adapun orang-orang yang memiliki kekurangan fisik baik seperti buta, pincang maupun sedang sakit yang tidak memiliki niat untuk berjuang dijalan Allah jikalau lah tidak ada penghalang itu maka mereka kedudukannya sama dan orang-orang yang berpangku tangan tidak ingin berjuang di jalan Allah Swt.

Berbeda kondisinya dengan mereka yang memiliki niat yang teguh dan tegas untuk berjuang dijalan Allah, namun tidak bisa ikut berjuang karena faktor kekurangan fisik tersebut maka mereka tetap mendapatkan pahala seperti orang-orang yang berjuang dijalan Allah. Hal ini disebabkan niat mereka yang teguh untuk berjuang dijalan Allah Swt.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An'am Ayat 147  Karena Kasih Sayang Allah, Kesempatan Untuk Bertobat Tetap Diberikan

Allah Swt. memuliakan dan mengistimewakan orang-orang yang berjuang dijalan Allah beberapa derajat di antara mereka yang berpangku tangan tidak ikut berjuang dijalan Allah baik dengan harta maupun jiwanya.

Dan setiap diantara mereka yang berjuang dijalan Allah maupun orang-orang yang tidak berjuang dijalan Allah karena faktor fisik yang tidak mendukung namun memiliki niat yang teguh untuk berjuang dijalan Allah memperoleh janji kebaikan dari Allah swt.

Dalam hadits shahih Bukhori dan Muslim, Rasulullah Saw bersabda bahwa di dalam surga ada 100 derajat yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berjihad di jalan Allah swt. Setiap derajatnya bagaikan jarak antara bumi dan langit.

Kemudian Allah Swt berfirman: dalam Surat Ash-Shaf Ayat 10-12 yang berbunyi :

(یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ هَلۡ أَدُلُّكُمۡ عَلَىٰ تِجَـٰرَةࣲ تُنجِیكُم مِّنۡ عَذَابٍ أَلِیمࣲ)
(تُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَتُجَـٰهِدُونَ فِی سَبِیلِ ٱللَّهِ بِأَمۡوَ ٰ⁠لِكُمۡ وَأَنفُسِكُمۡۚ ذَ ٰ⁠لِكُمۡ خَیۡرࣱ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ)
(یَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡ وَیُدۡخِلۡكُمۡ جَنَّـٰتࣲ تَجۡرِی مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَـٰرُ وَمَسَـٰكِنَ طَیِّبَةࣰ فِی جَنَّـٰتِ عَدۡنࣲۚ ذَ ٰ⁠لِكَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِیمُ)

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui, niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.

Kemudian Allah kembali menegaskan bahwa Allah memberikan derajat yang berbeda bagi orang yang berjihad dijalan Allah, dan orang-orang yang tidak ikut berjihad karena kekurangan fisik baik buta, pincang maupun dalam kondisi sakit.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir,  Juz 6 Surat An Nisa' Ayat 171, Isa alaihissalam adalah Rasulullah (2)

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button