MOZAIK ISLAM

Tepat Hari Ini, 16, 17, 18 Maret 2022 Puasa Sunnah Ayyamul Bidh

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Puasa merupakan amal ibadah yang bernilai tinggi bagi umat islam. Puasa pun terdiri dari puasa wajib dan puasa sunnah, Puasa sunnah yang dianjurkan salah satunya Puasa Ayyamul Bidh.

Puasa sunnah Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada bulan sya’ban 1443 H jatuh pada tanggal 13,14,15 sya’ban 1443 H bertepatan pada hari Rabu 16 Maret 2022, Kamis 17 Maret 2022, Jum’at 18 Maret 2022.

Bulan Syaban merupakan bulan ketika Nabi Muhammad SAW menjalankan puasa sunnah lebih dari pada bulan-bulan lainnya kecuali Ramadhan.

Melansir rumaysho, Dari Usamah bin Zaid, beliau berkata, “Katakanlah wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa selama sebulan dari bulan-bulannya selain di bulan Syaban”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bulan Syaban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang pelaksanaannya kepada Sahabat Abu Dzar.

Rasulullah saw bersabda kepadanya,
“Wahai Abu Dzar, jika engkau ingin berpuasa 3 hari di setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13,14,15 (dari bulan Hijriyah).” (Hadist Riwayat Tirmidzi No 761 dan An Nasai No. 2425. Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadistnya hasan.

Allah Ta’ala memuji semua perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menamakannya sebagai “teladan yang baik“, dalam firman-Nya,

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS al-Ahzaab:21).

BACA JUGA  Engkau Hanya Tergantung kepada Takdir yang Ditentukan Allah

Adapun makna apa yang didapat setelah melakukan sunnah Rasul dengan berpuasa Sunnah dijelaskan dalam Hadist.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Puasa 3 hari di setiap bulannya seperti puasa sepanjang tahun.”HR Bukhari No 1979.

Bacaan niat puasa ayyamul bidh “saya niat berpuasa besok pada ayyamul bidh, sunah karena Allah Ta’ala”

Reporter : Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button