OKU SELATAN

Tidak Hanya Minyak Goreng yang Langka, Harga Gandum dan Sagu Juga Naik

MAKLUMATNEWS.com, MUARADUA –  Nasib baik hingga kini belum berpihak kepada rakyat kecil. Setelah keberadaan minyak goreng yang langka, kini giliran sagu dan gandum mengalami kenaikan.  Akibat dari kenaikan harga gandum dan sagu, pedagang kecil pun mengeluhkan dampak dari kenaikan tersebut.

Seperti halnya pedagang Siomay keliling di Kecamatan Buay Sandang Aji, OKU Selatan ini.  Hasan Amura pedagang siomay  ketika dibincangi, Rabu (16/3), mengeluhkan adanya kenaikan harga gandum dan sagu, sementara dagangan miliknya berbahan dasar gandum dan sagu.

Hasan Amura juga mengakui kesulitan semenjak adanya kenaikan harga gandum dan sagu ini. “ Ya mau bagaimana lagi, mau di naikkan harga jual dagangan saya sudah pasti konsumen saya akan mengeluh sementara keuntungan yang di dapat sangatlah tipis,”keluhnya.

Hasan juga menceritakan harga gandum biasanya Rp.8000 sekarang menjadi Rp.10.000 per kilogramnya sementara harga sagu dari Rp.9.000 naik menjadi Rp12.000 per kilogramnya, tapi kalau belanjanya di toko-toko besar harga gandum dan sagu sedikit agak murah.

Senada,  pedagang gorengan yang ada di desa Negeri Agung Kecamatan Buay Sandang Aji Misnuni, juga mengeluhkan hal yang sama,  yaitu naiknya harga gandum yang naik. Menurutnya kenaikan harga gandum ini membuat semakin sulitnya pedagang kecil berjualan,  belum lagi di tambah sulitnya mencari minyak goreng dengan harga normal kian membuat kondisi kami makin kesulitan.

“ Apalagi nanti di bulan Ramdhan konsumsi gandum sagu dan migor pasti meningkat karna kita menjual makanan untuk berbuka puasa,dengan adanya kenaikan harga ini kami makin sulit  mengolah dan menjual dagangan kami,” jelasnya.

Hasan dan nuni berharap semoga di bulan puasa nanti harga gandum dan sagu kembali normal

Bambang salah satu pemilik toko yang berada di bilangan Kecamatan Buay Sandang Aji,membenarkan adanya kenaikan harga gandum dan sagu dari harga sebelumnya. Warungnya sekarang menjual gandum dengan harga Rp.10.000per kilogram sementara sagu di jual dengan harga Rp.12.000.perkilo gramnya.

Reporter : Iskandar  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button