PALEMBANG

Yai Najib : Kalu Umroh Bawa Pempek dan Cuko

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Siapa yang tidak kenal ‘Yai Najib’. Terkenal di dunia hiburan dengan guyonan khas Wong Kito Galo ternyata ia juga tidak melupakan kewajibannya menjadi seorang umat muslim.

Pada Tahun 2009 menjadi kali pertama MC (Master of Ceremony)  kondang Kota Palembang ini menginjakkan kaki di Tanah Suci Mekkah untuk menjalani Ibadah Haji. Sejak saat itu, ia kembali ke tanah suci untuk  menjalankan ibadah umroh dan menjadi suatu kegemaran yang ia jalani.

“Ke Mekkah itu jadi kecanduan rasonyo, dari awalnyo kito denger terus kito rasoke dan pas sudah tau nikmatnyo raso beribadah di Mekah, kito tahan hematke duit jajan untuk nabung, ibarat kato yang semulo duo ratus jadi tengah duo be, oleh kareno duit nak ditabung pegi umroh lagi,”ujarnya.

Saat pergi umroh tentu ada persiapan lebih yang dibawa oleh Jamaah umroh. Bagi pemilik nama asli Malki Satia Negara ini persiapan yang tidak pernah lupa dibawanya yaitu membawa beberapa bahan makanan seperti pempek, cuko, rendang, kerupuk kemplang, dan cabai.

“Biasonyo sebelum diantar sarapan oleh pihak hotel ke kamar, kami tanyo dulu menu apo yang dikasih, kalo dak selero lidah paling kami beranjak masak pempek lenggang buat sarapan, mak inilah men lidah nusantara ini,”ujarnya saat ditemui di kantor Sako Holidays, Senin (14/3/22).

Selain menjalankan Ibadah umroh, ternyata Yai Najib memiliki kebiasaan unik lainnya seperti tidak pernah absen berbelanja alat – alat keperluan memasak dan keperluan badan.

“Iyo, men lah sampe Mekkah ke hotel terus pergi ke Masjid, biasonyo kami langsung lanjut ke pasar buat beli alat masak cak panci, ember. Kalau kompor kan sudah disediakan pihak hotel dikamar,”katanya.

BACA JUGA  Jabatan Dua Periode Tidak Becus,  BEM  Se Sumsel Tolak Jabatan Presiden Tiga Periode

Memilih Sako Holiday menjadi Agen Travel Umroh pilihannya, Yai Najib mengatakan karena Sako Holidays dapat memfasilitasi apa maunya para Jamaah.

“Men lah sekali ikut Sako Holiday, pastinyo ngulang. Karena Jamaah bisa bye request sesuai kemampuan jamaah,”kata Jamaah Tetap Sako Holidays sejak tahun 2019 ini.

Lanjutnya, seperti hal penginapan pun dirinya memilih hotel yang sederhana saja.

“Sako ini pilih hotel yang mewah ke kami, tapi kami minta ke hotel sederhana be. Sebabnyo kami biso nyuci dan nyemur baju di atap atau balkon hotel,”ujarnya sambil menyebut slogan Inget Sako Inget Yai.

Sempat tertunda berangkat Umroh di tahun 2020 di karenakan Pandemi Covid19 melanda Dunia. Dirinya kembali memilih Sako Holiday untuk pergi berangkat Umroh Beserta Keluarga di Bulan Syawal tahun ini saat keadaan sudah aman.

“Kami pilih bulan Syawal atau bulan Juni ini karena kondisi sudah aman, dan juga tidak ada karantina dan PCR lagi. Bulan Juni ini juga ada beberapa keluarga yang ikut,”katanya.

Reporter : Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button