SUMSEL

HD : Satu Data Kementerian Keuangan, Tingkatkan Produk dan Kualitas Pelaku UMKM

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, dirinya memberikan apresiasi terhadap perhatian Kementerian Keuangan terhadap pelaku UMKM, khususnya diwilayah Sumatera Selatan melalui program sinergi pemberdayaan UMKM yang baru dilaunching. “Saya bangga ternyata Kemenkeu memberikan perhatian khusus untuk pelaku UMKM yang ada di Sumsel. Semoga dukungan ini menjadi langkah baik bagi UMKM untuk meningkatkan nilai produk serta kualitasnya,” katanya.

Lanjutnya, UMKM merupakan sektor ekonomi yang tidak terpengaruh bahkan menjadi pertahanan bagi ekonomi Indonesia ditengah masa Pandemi Covid-19. “Dengan adanya sinergitas ini diharapkan dapat membuka keran bagi Sumsel untuk dapat mengekspor barang di sektor UMKM,” ujar Deru.

Deru mengungkapkan, ada 3 (tiga) modal penting yang harus dilakukan oleh pemerintah dan instansi lainnya dalam membantu umkm yaitu Modal, Pelatihan dan Pemasaran. “Ketiga hal ini saya harap Kemenkeu Satu dapat menerapkan hal tersebut agar dapat membantu dan mengembangkan pelaku UMKM secara maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Menteri (Wamen) Keuangan RI, Prof Suahasil Nazara, SE MSc PHd mengatakan, launching yang dilakukan bertujuan untuk melakukan pendekatan antara Kemenkeu satu agar bisa membantu UMKM di Sumsel memberikan permodalan. “Banyak hal yang sudah dilakukan termasuk melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit usaha mikro dan berbagai regulasi lainnya. Jadi dibantu mulai dari permodalan, membuka pasar, dan berbagai hal lainnya,” katanya singkat.

Reporter : Maulana

BACA JUGA  SMB IV : Sumsel Perlu Payung Aturan Hukum Tari Sambut 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button