PENDIDIKAN

Herman Deru Klaim Tak Bedakan Keberadaan PTS dan PTN

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) kami siap memberikan support bagi kemajuan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam hal peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik mahasiswa maupun dosen.

Herman Deru mengatakan, selain akan memberikan bantuan dari sektor materi seperti keringanan UKT, juga nanti kita siap meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa melalui beasiswa.

“Tidak ada pembedaan dari kita baik PTS maupun PTN,” katanya usai menghadiri musyawarah wilayah (Muswil) Asosisasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah II A Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Selasa (22/3/2022).

Deru mengatakan, peran perguruan tinggi selama ini sangatlah besar. Apalagi kinerja PTS saat ini nampak sangat luar biasa nyata begitu pesat di Sumsel.

“Apakah karena murah? Tentu tidak,  tapi ada trust atau kepercayaan yang begitu besar kepada masyarakat sehingga PTS mampu diyakini oleh para masyarakat,” Menurutnya.

Apalagi, kualitas lulusan PTS pun mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri lainnya.

“Saya pun juga begitu tidak membeda-bedakan di lingkungan Pemprov dalam penerimaan tenaga honorer, PNS dan lain sebagai baik dari PTS maupun PTN semua sama asalkan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, tidak dibedakan,” katanya.

Ketua Umum Aptisi, Dr.Ir.H.M. Budi Djatmiko,M.Si,MEI mengatakan, ia mendorong kepala daerah lainnya untuk juga peduli dengan PTS di Indonesia ini. Sebab, dampak pandemi Covid-19, APTISI memberikan beasiswa PTS kepada mahasiswanya.

“Di samping dari pemerintah pusat, dari yang wilayah juga mencari melalui bantuan kepala daerah, seperti gubernur. Dan di Sumsel ini salah satunya ikut memberikan bantuan selama pandemi ini,” katanya.

Adapun perbedaan antara PTN dan PTS berbeda. “Kalau PTN tentu semuanya anggaran  dari pemerintah  sedangkan untuk swasta sedikit sekali dari 20 persen itu baru terserap 14 persen,” katanya.

BACA JUGA  Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 Dibuka, Ini Syaratnya   

Adapun jumlah PTS di seluruh Indonesia yakni 4521 sedangkan PTN yakni 1252. Dan untuk KIP beasiswa yang diberikan pemerintah pun juga  terus dapat.

“Tahun 2020 sebesar 60 persen, 2021 70 persen dan tahun ini 2022 menurun karena kuota secara nasional juga turun, karena pendapatan turun,” katanya.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button