PAGARALAM

Penghargaan Pembangunan Daerah Sumsel Pagaralam Raih Juara Satu

MAKLUMATNEWS.com – PAGARALAM – Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH melaksanakan presentasi pada agenda penilaian tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 oleh Direktorat Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah, Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), di Ruang Transit Besemah I Setdako Pagaralam.

Walikota memaparkan, capaian target pembangunan di Kota Pagaralam mengalami peningkatan pada tahun 2021 yang lalu terutama disektor pertumbuhan laju perekonomian.

“Target capaian pembangunan di Pagaralam, mulai dari laju pertumbuhan ekonomi di Pagaralam tahun 2021 naik menjadi 4,39%, PDRB atas harga dasar konstan naik menjadi 2,332,5, tingkat pengangguran terbuka bisa kita turunkan di tahun 2021 sejak pandemi menjadi 1,64%,” paparnya Walikota.

Lebih lanjut Walikota menyampaikan, untuk angka kemiskinan,Pagaralam termasuk terkecil di Provinsi Sumsel dan masih di bawah Nasional yakni di angka 9,4%. Dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di tahun 2021 naik menjadi 68,68 poin, yang memiliki 4 indikator yang pengaruhi IPM tersebut, antara lain pengeluaran perkapita, angka harapan hidup, rata-rata lama Sekolah dan harapan lama Sekolah.

“Genirasio kita juga di tahun 2021, bisa turun menjadi 0,328 poin. Laju pertumbuhan ekonomi kita di tahun 2020 itu bisa naik 0,02, sedangkan Provinsi terjadi kontraksi turun jadi 0,11 dan Nasional jadi 0,22, sementara di tahun 2021 laju pertembuhan kita naik, masih di atas tingkat Provinsi,” bebernya.

Laju pertumbuhan ekonomi ini tak lepas dari program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam berupa stek kopi, yang pada tahun 2022 sudah mulai kelihatan hasilnya.

“Selama ini, pola stek kopi masih menggunakan cara tradisional, maka dengan inovasi baru stek kopi, dengan menggunakan bibit kopi varietas unggul, terdiri dari jenis varietas Kopi Besemah I, Besemah II dan Besemah III, yang telah punya sertifikat dari Baliti Kementan. Dan ini dibuktikan di tahun 2020 lalu, kita berhasil mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI),” imbuhnya.

Seterusnya pemerintah Kota Pagaralam memohon do’a dari seluruh masyarakat Pagaralam, apabila di tahap II ini masuk penilaian, maka akan kembali masuk ke tahap III penilaian.

Oleh karenanya dengan capaian tersebut, Walikota mengatakan, Kota Pagaralam berhasil meraih juara satu PPD se Sumatera Selatan, hal ini karena Pagaralam di tahun ketiga menuju tahun keempat dapat membuktikan, bahwa pembangunan di Kota Pagaralam berhasil, meski target-target Pemerintah Pusat di saat pandemi banyak tidak tercapai, akan tetapi di Pagaralam dimasa pandemi masih bisa naik targetnya.

“Piala PPD tahun 2022, untuk tingkat Provinsi ada tiga tahapan, mulai dari penelitian dokumen, presentasi Bappeda dan pembuktian dokuman, alhamdulillah kita Juara I untuk tingkat Provinsi Sumsel, jadi di tiap-tiap Provinsi ini, diambil 1 terbaik Kabupaten dan 1 terbaik Kota, untuk di kirim ke Nasional,” kata Walikota.

Sementara itu untuk tingkat nasional Kota Pagaralam masuk 14 besar, proses yang harus dilalui juga mulai dari penelitian dokumen serta pembuktian dokumen.

Reporter : LIAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button