NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5, Surat An Nisa’ Ayat 111  Akibat dari Dosa Ditanggung oleh Pelakunya

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’  Ayat 111 berbunyi :

(وَمَن یَكۡسِبۡ إِثۡمࣰا فَإِنَّمَا یَكۡسِبُهُۥ عَلَىٰ نَفۡسِهِۦۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِیمًا حَكِیمࣰا)
]

Artinya :

Dan barang siapa berbuat dosa, maka sesungguhnya dia mengerjakannya untuk (kesulitan) dirinya sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

Pada ayat ini Allah menjelaskan bahwa barangsiapa melakukan kemaksiatan dan dosa, maka akibatnya akan ditanggung oleh mereka sendiri baik di dunia maupun di akhirat.
Dosa pada ayat ini meliputi seluruh dosa besar dan kecil.

Allah berfirman;

وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰى ۗوَاِنْ تَدْعُ مُثْقَلَةٌ اِلٰى حِمْلِهَا لَا يُحْمَلْ مِنْهُ شَيْءٌ وَّلَوْ كَانَ ذَا قُرْبٰىۗ اِنَّمَا تُنْذِرُ الَّذِيْنَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ ۗوَمَنْ تَزَكّٰى فَاِنَّمَا يَتَزَكّٰى لِنَفْسِهٖ ۗوَاِلَى اللّٰهِ الْمَصِيْرُ

Artinya :

Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang dibebani berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul bebannya itu tidak akan dipikulkan sedikit pun, meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat engkau beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada (azab) Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya dan mereka yang melaksanakan salat. Dan barangsiapa menyucikan dirinya, sesungguhnya dia menyucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allah-lah tempat kembali.

Akan tetapi, ketika kemaksiatan dan dosa itu dipertontonkan dan tidak ada yang mencegahnya, maka akibatnya akan dirasakan secara umum.

Sungguh Allah maha mengetahui segala sesuatu, termasuk dosa dosa hamba-Nya dan hamba-hamba yang bertaubat dengan penuh kesungguhan.
Dan maha bijaksana terhadap segala sesuatu ketetapan yang ditentukan-Nya.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A'raf Ayat 171 Perjanjian dalam Taurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button