OLAHRAGA

Portugal Lolos Piala Dunia 2022, Bruno Fernandes Jadi Bintang

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Bruno Fernandes menjadi aktor utama dalam kelolosan Timnas Portugal ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022. Dua gol Fernandes membawa Portugal mengalahkan Makedonia Utara 2-0 pada partai final play-off Piala Dunia zona Eropa di Esradio Do Dragao, Porto, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB.

Gol pertama Bintang Manchester United ini tercipta pada menit ke-32 setelah memandapatkan umpan dari Cristiano Ronaldo. Sementara gol keduanya terjadi pada menit ke-65 usai memandapatkan umpan dari Diogo Jota.

Berkat kemenangan ini, Timnas Portugal dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, sedangkan Makedonia Utara harus menahan mimpi mereka tampil di ajang empat tahunan tersebut.

Tampil di depan ribuan pendukungnya, Portugal langsung memegang kendali permainan. Pada menit keenam Nuno Mendes mendapatkan ruang untuk melepaskan crossing dari sayap kiri. Namun, bola cuma bergulir di depan gawang Makedonia Utara tanpa pemain Portugal lain yang menyambut.

Peluang pertama Portugal terbuang sia-sia. Ronaldo menerima umpan terobosan dari Otavio lalu menyelinap di garis pertahanan lawan. Sayangnya, sepakan kaki kiri Ronaldo ke arah tiang jauh masih melebar tipis.

Dominasi Portugal akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Di menit ke-32, Bruno Fernandes membawa Portugal memimpin 1-0 atas Makedonia Utara.

Fernandes memotong bola umpan Stefan Ristovski, lalu melepaskan operan kepada Ronaldo di depan. Di depan kotak penalti, Ronaldo memilih menyodorkan bola kepada Fernandes yang dituntaskan dengan sepakan mendatar.

Jelang turun minum, Portugal mengancam gawang Makedonia Utara. Sebuah umpan panjang dari belakang menemui Ronaldo di sisi kiri kotak penalti. Ronaldo gagal mengontrol bola dengan baik sehingga membentur lini pertahanan lawan, Diogo Jota mencecar bola tapi tembakannya cuma bersarang di sisi luar jala gawang. Alhasil, babak pertama berakir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Portugal.

BACA JUGA  Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Penantian Panjang Selama 15 Tahun

Portugal berupaya membunuh laawannya di babak kedua usai unggul satu gol di babak pertama. Bruno Fernandes kembali menguji ketangguhan Stole Dimitrievski pada menit 52, namun tembakannya mampu digagalkan.

Portugal kemudian berhasil menggandakan keunggulan pada menit 65. Bruno Fernandes lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Umpan lambung Diogo Jota diselesaikan dengan apik oleh Bruno Fernandes. Portugal pun menapakkan satu kaki di Qatar usai unggul 2-0.

Makedonia Utara belum patah arang. Mereka merespon melalui tembakan Enis Bardhi di menit 72, namun tembakannya melebar. Usai unggul, Portugal tampil lebih sabar dan cenderung bermain lebih reaktif. Pasukan Fernando Santos bermain lebih nyaman di sisa pertandingan.

Portugal nyaris menciptakan gol ketiganya di menit ke-79. Bruno Fernandes berakselerasi ke depan sebelum mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti. Sayang sekali, bek Makedonia Utara bisa membelokkan bola.

Makedonia Utara tampak sudah menyerah. Portugal dengan leluasan maju ke depan meski belum bisa menciptakan peluang lain. Pertandingan selesai skor 2-0 untuk keunggulan Portugal bertahan sampai laga selesai sekaligus memastikan diri lolos ke Piala Dunia Qatar 2022.

Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Diogo Costa, pepe, Cancelo, Nuno Mendes, Moutinho (Vitinha 90+1′), Danilo Pereira, Otavio (William Carvalho 77′), Bruno Fernandes (Matheus Nunes 88′), Bernardo Silva (Joao Felix 88′), Ronaldo, Jota (Rafael Leao 77′)

Makedonia Utara (4-4-2): Dimitrievski, Stefan Ristovski, Musliu, Velkovski, Ademi, Alioski, Kostadinov (Askovski 75′), Bardhi, Elmas (Nikolov 88′), Trajkovski (Churlinov 59′), Milan Ristovski (Miovski 46′).

Editor : Sgw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button