EKONOMI

Konsumsi Minim, Minyak Curah Tak Diminati Masyarakat Palembang

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Meskipun harga minyak goreng saat ini masih terbilang mahal yakni Rp25.000 – Rp30.000 /liter, tapi tetap dibeli masyarakat dibandingkan minyak curah.

Padahal jika melihat harga, minyak curah jauh lebih murah dan tentu akan sangat terjangkau. Namun, saat ini tidak menjadi pilihan banyak orang.

Hal ini terlihat dari konsumsi rata-rata minyak goreng kemasan dan curah perharinya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Raimon Lauri mengatakan, minyak curah sesuai dengan arahan kemendag nomor 11/ 2022 harganya 14.000 /liter atau 15.500 /kg.

“Konsumsi minyak curah sesuai perhitungan sekitar 10-15 ribu liter perhari, tidak terlalu banyak,” katanya, Jumat (8/4/2022).

Sementara konsumsi minyak goreng kemasan perhari mencapai 60 ribu liter. Dengan harga keekonomian saat ini harga ditentukan sendiri oleh pasar tidak lagi berdasarkan harga eceran tertinggi (HET).

“Untuk kualitas mungkin beda menurut masyarakat, minyak curah ini biasanya digunakan oleh para pelaku usaha atau UMKM,” katanya.

Di Palembang sendiri ada produsen minyak goreng curah yang memproduksi hampir 1 juta liter perhari. Sebenarnya ini cukup jika untuk konsumsi masyarakat Palembang saja.

“Tapi ternyata tidak jadi pilihan masyarakat Palembang, mereka lebih pilih yang kemasan meskipun mahal,” katanya.

Reporter : Pitria

BACA JUGA  Kebutuhan Rumah Capai 400 Ribu Unit, Namun Setiap Tahunnya, REI Sumsel Hanya Mampu 15 Ribu Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button