MOZAIK ISLAM

Nasihat : Dunia Ini Hanya Memiliki Tiga Hari

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik sengaja atau tidak, kesalahan  besar atau kecil. Ingat atau pura-pura lupa. Bahkan sampai menjadi kebiasaan yang  dilakukan berulang.

Rasulullah SAW bersabda :

Setiap anak Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang (mau) bertaubat. (HR Timidzi)

Islam mengajarkan umatnya untuk melakukan muhasabah dan introspeksi diri. Dengan mengingat segala kesalahan dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.   Intropeksi diri juga bisa membuat kita melihat kehidupan dengan perspektif baru.

Sadarlah hidup kita ada yang mengawasi dan semua perbuatan ada konsekuensi besar kecil, baik buruknya, semua akan ada balasan di  akhirat kelak ataupun akan di bayar kontan terlebih dahulu di dunia.

Muhasabah diri dengan bertaubat, bersihkanlah semua kesalahan itu dengan bertaubat kepada Allah Ta’ala, perbaiki jalinan silaturahmi yang terputus, kerjakan amalan baik di mulai dari sekarang, Jadi kita sudah mengetahui betapa pentingnya muhasabah diri itu dalam hidup. Tak lupa kita pun harus mengkaji diri kita berjanji tidak akan melakukan kesalahan yang sama dan lebih mawas diri.

Ingatlah pesan ulama kita Imam Hasan Al Bashri pernah berkata:

Dunia ini hanya memiliki tiga hari: hari kemarin, yang telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, yang kau mungkin takkan pernah menemuinya. Lalu hari ini, itulah yang kamu miliki. Maka, beramallah di hari ini.

Bersemangatlah mengisi hari – hari kita dengan amal yang maksimal dan bermakna, tetap istiqomah serta imbang dengan muhasabah diri.  ( Sgw/ sumber internet).

BACA JUGA  Membantu Orang Lain, Allah Akan Membantumu Dari Semua Masalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button