PALEMBANG

Klaim Bongkar 125 Bangunan di Atas Saluran Air Atasi Banjir

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Kota Palembang yang sering kebanjiran akhir-akhir ini menjadi keluhan banyak pihak. Pemerintah Kota Palembang dinilai lalai karena persoalan ini tak juga selesai.

Pemerintah Kota Palembang mengklaim sudah punya upaya tersendiri untuk meminimalisir banjir. Salah satunya dengan memperlancar aliran air.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak mengatakan, banyak bangunan yang dibangun di atas aliran air. Hal ini jadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

“Maka salah satu upaya kita adalah membongkar aliran air yang tertutup bangunan di pemukiman warga,” katanya, Rabu (13/4/2022).

Persoalan aliran air yang tersumbat memang tidak hanya di jalan-jalan protokol karena sedimentasi, tapi juga di lingkungan pemukiman warga yang berdampak langsung terutama saat hujan deras.

“Hingga saat ini sudah sebanyak 125 bangunan yang dibongkar dan diperbaiki agar tidak mengganggu aliran air,” katanya.

Namun, meskipun sudah ratusan yang terselesaikan, nampaknya persoalan banjir masih terus terjadi terutama di jalan protokol seperti di Simpang Polda. Menurutnya, pihaknya sedang berupaya menuntaskan persoalan banjir di semua titik banjir Palembang.

“Kita kerjasama dengan kodim 0418, tim PU, pemerintah setempat seperti lurah dan warga sekitar,” katanya.

Menghadapi banjir ini, Walikota Palembang Harnojoyo meminta peran serta masyarakat jadi tidak hanya pemerintah. Menurutnya, dengan kesadaran masyarakat serta kepedulian terhadap lingkungan.

“Setidaknya ini akan mengurangi dampak genangan air di saat hujan deras guyur Kota Palembang,” katanya.

Reporter : Pitria

BACA JUGA  Pemkot Usulkan 1.844 Formasi PPPK Guru dan Tenaga Teknis, ini Rinciannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button