NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5, Surat An Nisa’ Ayat 131, Langit dan Bumi Beserta Isinya Berada dalam Genggaman Allah Swt

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 131 berbunyi :

(وَلِلَّهِ مَا فِی ٱلسَّمَـٰوَ ٰ⁠تِ وَمَا فِی ٱلۡأَرۡضِۗ وَلَقَدۡ وَصَّیۡنَا ٱلَّذِینَ أُوتُوا۟ ٱلۡكِتَـٰبَ مِن قَبۡلِكُمۡ وَإِیَّاكُمۡ أَنِ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَۚ وَإِن تَكۡفُرُوا۟ فَإِنَّ لِلَّهِ مَا فِی ٱلسَّمَـٰوَ ٰ⁠تِ وَمَا فِی ٱلۡأَرۡضِۚ وَكَانَ ٱللَّهُ غَنِیًّا حَمِیدࣰا)

Artinya :

Dan milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, dan sungguh, Kami telah memerintahkan kepada orang yang diberi kitab suci sebelum kamu dan (juga) kepadamu agar bertakwalah kepada Allah. Tetapi jika kamu ingkar maka (ketahuilah), milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan Allah Mahakaya, Maha Terpuji.

Pada ayat ini Allah menjelaskan bahwa langit dan bumi beserta seluruh isinya berada dalam genggaman dan pengaturan Allah swt.

Karenanya, segala peraturan yang ada di dalam alam ini bersumber dari Allah swt. Dan Allah telah memerintahkan kepada penghuni langit dan bumi, yaitu manusia yang sebelum datangnya Islam mengenal kitab-kitab waktu Allah swt. untuk bertaqwa kepada Allah swt. Dalam perintah taqwa ini terkandung perintah untuk dilaksanakan dan larangan untuk dihindari.

Andaikan perintah dan larangan itu diiingkari oleh manusia, keingkaran itu tidaklah mengurangi sedikitpun keagungan dan kemuliaan Allah swt.

Dan tetaplah langit dan bumi beserta seluruh isinya berada di dalam genggaman Allah swt.

Sungguh Allah maha kaya yang tidak membutuhkan sesuatu apapun dari makhluk-Nya, dan maha terpuji dalam segala bentuk kebijakan dan ketetapan-Nya.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al Maidah Ayat 115 Jawaban Allah Terhadap Permohonan Nabi Isa as

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button