MOZAIK ISLAM

Ustadz H. Bitoh : Al Qur’an Tak Pernah Membosankan, MT Masjid Syuhada Peringati Malam Nuzulul Qur’an

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Bertepatan pada Malam ke 17 Ramadan 1443 H, Masjid Syuhada Pakjo Palembang memperingati Nuzulul Qur’an usai Shalat Tarawih berjamaah. Senin ( 18/4/2022) dengan mengharapkan petunjuk dan meningkatkan rasa kecintaan kepada kitab suci Al Quran.

Ketua Masjid Syuhada, H. Khairullah Lubis, SE dalam sambutannya mengatakan dengan memperingati kegiatan Nuzulul Quran ini semoga kita bisa meningkatkan kecintaan kita terhadap Al Quran.

“Kita juga memberikan apresiasi juga kepada ibu-ibu majelis taklim yang ikut meramaikan masjid dengan kegiatan taddarus setiap paginya,”katanya.

Sebelum dimulainya ceramah agama, Ketua Majelis Taklim Tarbiyah Islamiyah sekaligus Pembimbing Pengajian ibu-ibu, Ustadzah Haulani memberikan beberapa bingkisan untuk jamaah ibu-ibu yang aktif mengikuti tadarrus usai shubuh hingga Khatam Al Quran.

Sementara itu, Penceramah Ustadz H. Bitoh Purnomo, LC. MA mengungkapkan Al Qur’an memiliki beragam banyak keistimewaan yang Allah Turunkan di dalam Al Qur’an. Al Quran turun di Kota Mekkah melalui malaikat Jibril dan turun pada Bulan Ramadan di Malam Lailatul Qadr dan menjadi yang terbaik.

Hal yang menjadi ciri khas dan menjadi keistimewaan Al Quran yaitu

  1. Al Quran Menjadi Firman Allah yang Tak Pernah Membosankan

Al Quran merupakan kitab suci umat islam, dikatakan tidak pernah membosankan yaitu sebagai umat muslim yang taat Minimal 17 kali membaca Al Fatihah dalam satu hari. “Misalkan selama 3 tahun hidup, minimal kita membaca 17ribu kali bacaan Al Fatihah, itu pertanda tidak adanya terbesit dalam hati dan pikiran memiliki rasa bosan, setiap waktu dibaca dan diucapkan,”kata Ustadz dalam ceramahnya, Senin (18/4/22).

Dalam merasakan kenikmatan saat membaca Al Quran yaitu dengan Bacalah Al Quran sesuai Tajwid serta bacalah Al Quran didalam kesendirian malam dan keheningan.

BACA JUGA  Bekerja Malas, Bisa tak Halal Imbalannya

Pergunakanlah lisan dengan hal baik yaitu dengan membacanya. Disebutkan dalam riwayat yang memberikan syafaat yaitu dengan membaca Al Quran dan berpuasa.

  1. Al Quran itu Adalah (Syifa) Obat

Salah satu keistimewaan lainnya dari pada Al Quran yaitu bisa menjadi Obat baik untuk Jasmani maupun Rohani/Bathin. “Saya sendiri memiliki pengalaman 3 tahun lalu, saat setelah ceramah di Lampung, saya dihampiri oleh seorang pemuda yang berkata dan membawa air meminta didoakan agar diberikan keturunan. Lalu, Saya bacakan Al Fatihah dan meminta doa kepada Allah dan Alhamdulillah diberikan oleh Allah keberkahan. Yakinlah bahwa Allah bisa membantu melalui Al Quran,”katanya.

Salah satu nama Alquran ialah asy-Syifa yang berarti obat penyembuh. Allah berfirman, Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Alquran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. (QS Yunus [10]: 57). Pada ayat lain, Katakanlah, ‘Alquran ialah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman. ‘ (QS Fushshilat [41]: 44).

  1. Al Quran Menjadi Kemukjizatan

Kebenaran adalah kesesuaian antara ucapan dengan kenyataan. Salah satu bentuk kebenaran terdapat didunia ini ada dua lautan yang bertemu namun tidak bisa bersatu.

Ilmuwan di abad ke 19 menemukan adanya dua laut di selat Gibraltar , di mana tampak dua laut yang berbeda warna, tidak dapat bersatu. Fenomena tersebut terjadi di selat Gibraltar yang dapat dijelaskan secara sains. Selat Gibraltar merupakan pertemuan antara Laut Mediterania dan Laut Atlantik. “Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi,” Surah Al Furqan Ayat 53.

BACA JUGA  Betapa Jauhnya Kita (Kini) Dari Prilaku Islam yang Sempurna

Reporter : Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button