MUSI RAWAS

351 Siswa-Siswi SD, SMP Berjuang Menjadi Yang Terbaik Dalam Lomba OSN dan BTQ

MAKLUMATNEWS.com,MURATARA –Sebanyak 351 siswa-siswi SD, SMP se Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) berjuang untuk menjadi yang terbaik dalam lomba OSN dan Baca Tulis Alquran (BTQ). Rincinya 151 peserta dari siswa-siswi SD dan 200 peserta siswa-siswi SMP se Kabupaten Muratara. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Rabu (20/4/2022) hingga Kamis (21/4/2022) dipusatkan di SMPN I Muara Rupit. Acara dibuka langsung oleh Plt Kadisdik Mugono, Rabu (20/4/2022).

Plt Kadisdik Muratara, Mugono, menerangkan lomba OSN LCC dan BTQ tingkat SD, SMP se-Kabupaten Muratara ini bertujuan untuk meningkatkan SDM dan kreativitas para siswa- siswi didalam belajar ilmu seni, ilmu pengetahuan dan juga ilmu agama. Hal ini  sesuai dengan misi visi bupati dan wakil bupati Muratara untuk mewujudkan citra Muratara berhidayah .

Dia berharap lomba OSN LCC dan BTQ ini dapat memberikan kemajuan di dunia pendidikan di kabupaten Muratara dan akan membawa nama harum Muratara di tingkat Provinsi maupun tingkat nasional.

“Melalui lomba OSN LCC dan BTQ ini saya harap para siswa generasi penerus bangsa dapat mengembangkan daya nalar, kreativitas dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif dan mandiri,” harapnya.

Sementara itu ketua panitia, Agus Salim, menjelaskan lomba ini diikuti 351 siswa-siswi SD dan SMP se Kabupaten Muratara. Rincinya 151 siswa-siswi SD dan 200 siswa-siswi SMP.

Perlu diketahui bahwa acara ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Disdik Kabupaten Muratara secara berkala dengan sasaran kegiatan siswa SD/SMP, untuk mengembangkan minat, bakat dan kreativitas siswa di Indonesia.

Kemendikbud berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten di Indonesia untuk melakukan peningkatan mutu pendidikan dengan mengembangkan OSN tingkat SD/SMP, Kemendikbud melakukan pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan/bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni/olahraga pada tingkat satuan pendidikan di kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Hal ini dimaksudkan agar mendapatkan bibit generasi unggul dalam bidang sains dan matematika  dari masing-masing daerah di Indonesia.

“Secara khusus, lomba  ini bertujuan menumbuhkan budaya belajar, kreativitas dan prestasi di bidang matematika dan ilmu pengetahuan dan agama.”pungkasnya.

Reporter : Wan Asri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button