EKONOMI

Jelang Lebaran Harga Sembako Meroket

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Menjelang Lebaran Idul Fitri, harga sembako di pasaran Kota Palembang terpantau mulai naik dibandingkan hari biasanya.

Kenaikan harga kebutuhan bahan pokok ini seperti bawang merah Rp30.000/ kg, daging sapi Rp150.000 /kg, daging ayam ras Rp38.000/ kg, telur Rp26.000/ kg, gula Rp15.000/ kg.

Menyikapi ini, Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak provinsi juga stakeholder terkait mengenai mahalnya sembako saat ini.

“Karena jika melihat dari pengalaman sebelumnya, harga-harga ini akan terus naik sampai lebaran,” katanya, Senin (25/4/2022).

Menurutnya ada beberapa hambatan yang menyebabkan harga naik. Seperti distribusi yang tidak lancar, harga pakan yang naik dan tingginya permintaan.

“Termasuk hambatan kemacetan yang terlalu panjang di jalur distribusi saat ini, ini juga jadi faktor,” katanya.

Upaya yang dilakukan pihaknya dengan koordinasi dengan pemerintah provinsi, para asosiasi dan Bulog agar harga meskipun naik tapi tidak signifikan. Berdasarkan keterangan BI saat ini kenaikan pun masih terbilang stabil.

“Upaya yang sudah dilakukan kita gelar operasi pasar, dari Dinas Perdagangan setiap hari ke pasar untuk memantau perkembangan harga,” katanya.

Reporter : Pitria

BACA JUGA  Plafon Pinjaman Dinaikkan Hingga Rp 2,5 Juta Tanpa Bunga, PT Pegadaian Persilakan Warga Datang ke Kantor Cabang Terdekat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button