HUKUM & POLITIK

Antisipasi Tahanan Lari, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Minta Kalapas Tingkatkan Kewaspadaan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Jelang hari raya idul fitri 1443 H, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto berikan penguatan kepada seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemasyarakatan secara daring.

Harun mengatakan,  untuk memastikan keamanan dan ketertiban pada lapas dan Rutan agar  tetap terjaga. “Tetap waspada jangan sampai ada WBP/tahanan  lari ,mengedarkan narkoba dan lakukan deteksi dini,” ujarnya, Rabu (27/4/2022).

Dalam kesempatan itu,  Mantan Kepala Lapas Merah Mata Palembang ini menyampaikan Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 Tahun 2022. Semoga insan Pemasyarakatan di Sumatera Selatan semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif) dan BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini, Harun meminta kepada para Kepala UPT untuk memberikan perhatian khusus kepada para petugas penjagaan. “Berikan motivasi dan dukungan moril kepada petugas, agar mereka bersemangat dan disiplin untuk bertugas disaat kebanyakan PNS yang lain  libur dan cuti bersama,” kata Harun.

Lebih lanjut Harun mengungkapkan,  saat bulan puasa dan jelang idul fitri, para petugas lapas dan Rutan miliki beban kerja yang lebih. Oleh sebab itu,  dia mengingatkan agar selalu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan deteksi dini terhadap  gangguan keamanan.

“Berikan layanan yang terbaik kepada WBP terkait makan dan minum, remisi idul fitri dan integrasi, layanan penitipan makanan, layanan video call dengan keluarganya, lakukan dengan kedepankan nilai HAM,” ucapnya.

Harun juga mengapresiasi LPKA Kelas I Palembang, yang satu-satunya Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel sukses meraih penghargaan Terbaik II dalam kategori Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) se-Indonesia. Penghargaan tersebut diumumkan oleh  Direktorat  Jenderal Pemasyarakatan pada peringatan Syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-58, Selasa 26 April 2022.

BACA JUGA  Ketua Komisi 1 Antoni Yuzar, Minta Pemprov Lantik Komisioner  KPID di Paripurna

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button