PALEMBANG

Mudik 2022, ini Tips dari Satgas Covid-19 Palembang

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — H-4 lebaran Idul Fitri 2022, pemudik sudah banyak yang melakukan perjalanan pulang kampung. Selain menjaga kesehatan tubuh, tim Satgas Covid-19 Palembang pun memberikan saran terbaik.

Pemudik diharapkan menjaga kondisi imunitas tubuh agar tetap bugar. Bukan saja soal badan yang sehat, melainkan bisa menjaga jam tidur minimal. Sehingga perjalanan berjalan lancar tanpa mengalami kelelahan berlebih.

Sebaiknya tunda mudik bila tubuh tidak sehat. Lalu pilih waktu yang tepat, seperti istirahat saat malam hari, perbanyak makan sayur dan buah serta bawa obat  yang dibutuhkan dan rancang rute perjalanan.

Selain itu, menurut Ahli Mikribiologi dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof Yuwono, yang terpenting disiapkan untuk mudik kondisi sekarang adalah menjaga imunitas tubuh agar tetap bugar.

“Lakukan vaksinasi karena pemerintah juga mensyaratkan untuk melengkapi dosis hingga booster,” katanya.

Penetapan kelonggaran mudik oleh pemerintah juga tidak terlepas dari keadaan masyarakat yang dinilai sudah mencapai herd imunitty. Sebab vaksinasi di Palembang saja sudah diangka 70 persen dari keseluruhan target.

“Sudah dinanti-nanti (boleh mudik) sama masyarakat, ini jadi kabar gembira. Dengan gembira hormon tubuh akan merespon positif sehingga tubuh tambah sehat,” katanya.

Kondisi fisik bugar juga dipengaruhi tubuh yang sudah membentuk antibodi dari vaksinasi. Selain itu, memerhatikan kebutuhan gizi menjadi hal utama saat melakukan perjalanan jauh. Maka itu penting mengonsumsi makanan berserat dengan banyak vitamin.

“Vaksin menyebabkan pembentukan antibodi dan antibodi bisa memenuhi kebutuhan gizi. Sekarang fokusnya tinggal bagaimana agar gizi kita bagus,” katanya.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan booster atau vaksinasi tahap ketiga, persiapan tes kesehatan Covid-19 jangan dilupakan. Yakni  melakukan tes PCR atau antigen saat mudik.

BACA JUGA  Hadiri Gelar Apel Ops Lililn 2022, HD Berharap Nataru di Sumsel Aman dan Kondusif

“Karena belum ada pernyataan bahwa pandemi sudah selesai. Jadi kita perlu menjaga kebiasaan yang sehat. Seperti pola hidup bersih ditambah taat prokes seperti memakai masker dan mencuci tangan,” katanya.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button