SUMSEL

Siapkan 350 Ribu Vial Vaksin, Di Posko Mudik Bandara, Stasiun, Terminal dan Pelabuhan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Dinas Kesehatan Sumsel telah mengantisipasi jumlah pemudik yang bakal melakukan vaksin di posko mudik. Disiapkan 350 rihu vial untuk ditempatkan dibseluruh sentra vaksinasi yang berada di posko pelayanan kesehatan selama mudik Lebaran 1443 H.

“Pelayanan kesehatan untuk posko mudik itu ada di pelabuhan, bandara, terminal dan stasiun,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy, kemarin (26/04/2022).

Menurutnya, jumlah vaksin yang disiapkan itu cukup untuk mengakomodir pemudik yang tiba di Sumsel. Tak hanya vaksin booster, tapi juga vaksin pertama dan kedua. “Stok vaksin saya pastikan cukup, ada 350 ribu vial yang kita sebar di seluruh posko kesehatan di 17 kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, vaksinasi yang dilakukan kepada pemudik ini untuk memperkuat herd immunity, terlebih saat bertemu dengan keluarga. Bagi yang belum vaksin kedua, bisa melakukan di posko mudik yang tersedia, termasuk booster. “Tentunya, mereka yang tidak divaksin booster kan harus menyertakan surat negatif antigen, mending vaksin biar tidak di colok,” katanya.

Masih katanya, menurut ketentuan seharusnya yang divaksin melakukak istirahat. Namun, hal itu juga tak bisa ditahan karena masyarakat ingin melakukan perjalanan. Untuk itu, ia mengimbau agar tetap waspada dan berhati-hati. “Utamanya jangan memaksakan diri. Vaksin ditengah aktivitas mudik sebenarnya tidak boleh, sebab setelah divaksin itu dianjurkan beristirahat. Namun yang terpenting tetap jaga kesehatan kita bersama,” katanya. Selain layanam vaksin, Dinkes di posko kesehatan yang disiapkan juga menyediakan pelayanan deteksi penyakit tidak menular.

Reporter : Maulana

BACA JUGA  DPRD Sumsel Sampaikan Lima Rekomendasi Ke Gubernur Sumsel

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button