PAGARALAM

Inovasi Sambung Pucuk Dan Rumah Produksi Kopi Pagaralam, Raih PPD Terbaik Kedua Se Indonesia

MAKLUMATNEWS.com – PAGARALAM – Prestasi yang sangat luar biasa kembali diraih oleh Pemerintah Kota Pagaralam, Pasalnya Pemerintah Kota Pagaralam menjadi Kota terbaik kedua Se Indonesia dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik tahun 2022, Kamis (28/4/2022).

Pengumuman Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik tersebut diumumkan secara Virtual pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2022 melalui kanal YouTube @Kementerian PPN/Bappenas RI. Dimana 3 Kota dengan Perencanaan Pembangunan terbaik tahun 2022 yakni, Terbaik ketiga, Malang Provinsi Jawa Timur, Terbaik Kedua, Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan, dan Terbaik Pertama Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni didampingi Kepala BAPPEDA, BKD, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan BPS Kota Pagaralam serta tim, mengikuti Penilaian Tahan 3 Verifikasi pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022, secara langsung dan virtual, bertempat di Ruang Rapat Besemah 1 Setdako Pagaralam, Kamis (7/4/2022).

Pemerintah Kota Pagaralam telah menjalani proses penilaian tahap 3 verifikasi, dalam rangkaian proses penilaian, tim dari Pemkot Pagaralam melakukan paparan mengenai proses perencanaan pembangunan tahun 2022 dihadapan Tim Penilai Independen Prof. Dr. Mudrajad Kuncoro, M.Sos,SC., Dr. Fikri Zulfahmi, M.SC., Maria M Hartiningsih, Dr. Wicaksono Saroso, Ir. Aryawan Soetiaso Poetro, M.SI., Rahmat Hidayat, S.SI, dan Tim Penilaian Umum Bahri S.STP, M.SI.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah atas prestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

Dengan adanya PPD yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) setiap tahunnya ini, diharapkan dapat memotivasi Pemerintah Daerah untuk senantiasa menyiapkan dokumen RKPD dengan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, serta dapat dilaksanakan.

BACA JUGA  Alami Kenaikan Harga Ketersediaan Pupuk Di Pagaralam Aman

Tahap penilaian PPD 2022 terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pertama Penilaian Dokumen RKPD dan Inovasi, tahap kedua Presentasi dan Wawancara dan tahap ketiga Verifikasi. Kerangka penilaian PPD tersebut tidak hanya mengevaluasi proses penyusunan dan kualitas dokumen perencanaan, namun juga hasil pencapaian dan inovasi pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

PPD merupakan kegiatan pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah dilakukan oleh Kementerian PPN/Bappenas sejak tahun 2011 dengan nama Anugerah Pangripta Nusantara (APN) dan sejak tahun 2017 berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD). Tujuan dari PPD itu sendiri yakni mendorong Pemerintah Daerah untuk menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat terlaksana.

Walikota berharap Kota Pagaralam dapat mendapatkan hasil yang maksimal sehingga dapat melaju ke tahap selanjutnya, dan kini harapan tersebut terwujud dengan diumumkannya Kota Pagaralam Sebagai Kota terbaik Kedua Se Indonesia pada Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Tahun 2022.

Atas prestasi Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik dalam melaksanakan perencanaan pembangunan ini, Walikota mengucapkan terimakasih kepada seluruh SKPD Pemerintah Kota Pagaralam.

“Alhamdullilah ini atas kerja Kita bersama, terimakasih kepada seluruh SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Pagaralam, ” pungkas Walikota.

Reporter : LianPga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button