NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 6, Surat An Nisa’  Ayat 153 Permintaan Ahlul Kitab yang Melampaui Batas

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 153 berbunyi :

(یَسۡـَٔلُكَ أَهۡلُ ٱلۡكِتَـٰبِ أَن تُنَزِّلَ عَلَیۡهِمۡ كِتَـٰبࣰا مِّنَ ٱلسَّمَاۤءِۚ فَقَدۡ سَأَلُوا۟ مُوسَىٰۤ أَكۡبَرَ مِن ذَ ٰ⁠لِكَ فَقَالُوۤا۟ أَرِنَا ٱللَّهَ جَهۡرَةࣰ فَأَخَذَتۡهُمُ ٱلصَّـٰعِقَةُ بِظُلۡمِهِمۡۚ ثُمَّ ٱتَّخَذُوا۟ ٱلۡعِجۡلَ مِنۢ بَعۡدِ مَا جَاۤءَتۡهُمُ ٱلۡبَیِّنَـٰتُ فَعَفَوۡنَا عَن ذَ ٰ⁠لِكَۚ وَءَاتَیۡنَا مُوسَىٰ سُلۡطَـٰنࣰا مُّبِینࣰا)

Artinya :

(Orang-orang) Ahli Kitab meminta kepadamu (Muhammad) agar engkau menurunkan sebuah Kitab dari langit kepada mereka. Sesungguhnya mereka telah meminta kepada Musa yang lebih besar dari itu. Mereka berkata, “Perlihatkanlah Allah kepada kami secara nyata.” Maka mereka disambar petir karena kezalimannya. Kemudian mereka menyembah anak sapi, setelah mereka melihat bukti-bukti yang nyata, namun demikian Kami maafkan mereka, dan telah Kami berikan kepada Musa kekuasaan yang nyata.

Pada ayat ini Allah menyatakan sikap ahlul kitab terhadap dakwah nabi Muhammad Saw.

Orang-orang Yahudi mengajukan syarat untuk beriman kepada nabi Muhammad saw, yaitu hendaklah nabi Muhammad mampu menurunkan kitab dari langit sebagaimana telah turun wahyu yang tertulis dalam kitab Taurat kepada nabi Musa as.

Maka janganlah heran wahai Rasul, atas permintaan mereka, karena para pendahulu mereka telah meminta sesuatu yang jauh lebih besar dari apa yang mereka saat ini minta, yaitu mereka meminta untuk mampu melihat Allah secara kasat mata.

Lalu Allah hukum mereka karena kezaliman mereka sendiri, yaitu meminta sesuatu yang bukan pada ada tempatnya dan pada hak mereka. Lalu Allah bangunkan kembali dari pingsan mereka, namun sayangnya mereka kembali menyembah patung anak sapi padahal mereka telah menyaksikan kekuasaan Allah swt, zat yang maha kuasa, maha memelihara dan maha mencipta. Lalu kembali Allah swt memaafkan mereka.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 41 Wahai Rasul, Jangan Sedih atas Keingkaran Orang Munafik dan Yahudi (1)

Dan sungguh telah kami hadirkan bukti nyata yang menunjukkan kenabian Musa as.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button