SUMSEL

Pancaroba, Waspada Hujan dan Angin Kencang

Akhir Mei Masuk Musim Kemarau

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca saat ini.

Iklim di daerah tropis Samudera India menunjukan masih adanya potensi uap air yang cukup banyak masuk wilayah indonesia hingga bulan Juni 2022,

sehingga diperkirakan peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau, (Pancaroba), masih berlangsung hingga akhir bulan Mei 2022.

Kepala Unit Analisa Dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Sinta Andayani, mengatakan akhir bulan Mei ini Sumsel telah memasuki awal musim kemarau, diprakirakan bulan Juni nanti secara umum wilayah Sumsel telah memasuki awal musim kemarau seluruhnya.

Sehingga prakiraan awal musim kemarau di Wilayah Sumsel sebagian wilayah ada pada bulan Mei dasarian 2 hingga Juni dasarian 1.

“Sehingga saat ini masih memasuki musim pancaroba, secara umum wilayah Sumsel akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan didominasi hujan lokal pula,” katanya, Selasa (10/5/2022).

Menurutnya hal ini terjadi akibat peralihan musim dari penghujan ke kemarau pada bulan Mei ini yang menjadi pengaruh dari aktivitas konvergensi di sekitar kawasan Sumsel.

Maka masyarakat perlu untuk mewaspadai potensi angin kencang yang terjadi bersamaan dengan hujan atau sebaliknya.

Menjelang awal musim kemarau ini masyarakat dihimbau untuk mulai memperhatikan lingkungan dengan tidak membakar lahan dan hutan, mengantisipasi potensi bahaya kebakaran di pemukiman, serta menggunakan air bersih secara bijak.

“Namun di musim peralihan ini tetap mewaspadai potensi angin kencang yg bisa terjadi pada saat hujan dengan menghindari bangunan atau pohon/tanaman yg rentan angin kencang. Serta terus mengupdate informasi cuaca BMKG melalui kanal resmi BMKG,” katanya.

BACA JUGA  Seluruh Pegawai di Sumsel Bakal Kena Program ASN Ber-Akhlak

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button