OLAHRAGA

Tingkatkan Prestasi, Perbakin Sumsel Rekrut Pelatih Berlisensi Internasional

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendatangkan pelatih berlisensi internasional, Glenn Clifton Apfel. Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat diwawancarai seusai acara perkenalan pelatih lisensi internasional Perbakin Sumsel dan perkenalan atlit binaan Perbakin Sumsel di Graha Bina Praja, Selasa (10/05/2022).

Deru mengatakan, Provinsi Sumsel jadi salah satu wilayah prioritas untuk mendapatkan atlit menembak, atas dasar itulah pihaknya merekrut pelatih berlisensi internasional, Glenn Clifton Apfel. “Agar prestasi yang kita miliki bisa bertahap dan menanjak, kita rekrut coach dengan lisensi internasional. Glenn ini merupakan satu-satunya pelatih yang punya lisensi internasional di Indonesia,” katanya.

Lanjutnya, fasilitas menembak di berbagai daerah di Provinsi Sumsel sudah cukup baik. Bisa juga memanfaatkan tempat berlatih di Brimob maupun Batalyon milik TNI. “Glenn sudah punya pengalaman internasional. Kita harapkan juga bisa skema TOT, training of trainer kepada para pelatih di lokal agar masing-masing daerah bisa meneruskan kepada anak didiknya,” ujar Deru.

Deru menjelaskan, harus dihilangkan image bahwa olahraga menembak ini mahal. Selain itu, ditekankan juga jika olahraga ini memiliki nilai dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam hal jiwa berkompetisi, sikap mengambil keputusan terbaik dan lainnya. “Disini kembali saya mengingatkan, bahwa Disdik sudah saya perintahkan sejak awal untuk mensosialisasikannya. Dan hari ini hasilnya, banyak sekali siswa dari SD, SMP dan SMA berminat olahraga ini,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, dirinya juga meminta agar disosialisasikan bahwa senjata yang digunakan dalam olahraga ini tak bertujuan untuk kekerasan. “Di Perbakin, olahraga ini bisa dipakai untuk berburu, termasuk membantu penanganan hama babi dan lainnya sehingga hasilnya dapat dirasakan masyarakat,” ungkap Deru.

BACA JUGA  Ratu Tenny Leriva: Minat Masyarakat terhadap Olahraga Berkuda dan Memanah Terus Meningkat

Deru menambahkan, kedatangan pelatih lisensi internasional ini untuk persiapan memghadapi Popnas 2023 mendatang dan PON 2024. “Saya minta kepada orang tua atlit agar memperhatikan proses berlatih anak, sebab mereka ini potensi untuk mendapatkan medali dalam berbagai kompetisi menembak,” katanya.

Sementara itu, Pelatih Lisensi Internasional, Glenn Clifton Apfel mengatakan, tak hanya menargetkan Popnas dan PON saja, kedatangannya ke Sumsel untuk mencari bibit di daerah yang berpotensi dan diharapkan bisa menjuarai even internasional. “Nanti akan kami pelajari sektor mana yang bisa dimaksimalkan dari 16 sektor yang dikompetisikan di Popnas dan PON. Saat ini, mimpi saya disambut positif Gubernur Sumsel, yang antusias melihat banyaknya binaan sehingga bisa kita maksimalkan dalam pembinaan. Saya melihat visi nasional ada di Sumsel, mereka yang ingin menjuarai even internasional seperti olimpiade,” katanya singkat.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button