SUMSEL

Deru: WFA Tak Bisa Dilakukan di Semua Daerah

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Wacana untuk menerapkan Work From Anywhere (WFA) atau Aktivitas Kerja dari mana saja tidak bisa diterapkan atau dilakukan di semua daerah. Hal ini diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru saat diwawancarai, Kamis (12/05/2022).

Deru mengatakan, pihaknya menilai wacana penerapan aktivitas kerja dari mana saja atau Work From Anywhere (WFA) merupakan bentuk baru dari cara kerja Aparatur Sipil Negara (ASN). “Ini merupakan bentuk baru dari cara kerja ASN, namun hal ini tidak dapat diberlakukan di semua daerah dan semua bagian pelayanan publik,” katanya.

Lanjutnya, untuk dapat menerapkan WFA ini terlebih dahulu melakukan inventarisir ASN dengan kriteria apa yang dapat melakukannya. “Hal ini dilakukan agar roda pemerintahan tetap berputar maksimal,” ujar Deru

Deru menjelaskan, tak seluruh ASN dapat melakukan WFA. Selama pandemi saja, aturan WFO dan WFH diatur secara ketat siapa saja yang tetap harus bekerja dari kantor. “Kalau kerjanya tidak memerlukan pelayanan langsung (pelayanan publik) sangat mungkin dilaksanakan WFA itu,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, aturan WFA dan WFH seharusnya bisa dilakukan tergantung daerahnya masing-masing. Contohnya, aturan WFH dan WFO yang dikeluarkan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu hanya mengakomodir ASN di Jawa dengan berbagai pertimbangan. Hal ini lah yang membuat pihaknya tidak mengambil WFH dan WFO pasca puncak arus balik kemarin. “Kebijakan itu kan diambil untuk mengatur arus lalu lintas setelah puncak arus mudik agar tidak macet di ruas jalan provinsi,” jelas dia. Selebihnya, Herman Deru meminta aturan WFA yang saat ini tengah dibahas di pusat harus memikirkan berbagai kondisi masing-masing daerah. Ia mengakui sejak dua tahun pandemi ini memang beberapa kebijakan jam kerja ASN banyak mengalami penyesuaian. “WFH kan selama ini sifatnya temporary,” ungkap Deru.

BACA JUGA  Kemenag Buka Program Bantuan Pembangunan dan Rehab Masjid/Mushola 2022 Berbasis Online

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button