OLAHRAGA

Piala Dunia 2022 Qatar Akan Dipimpin Wasit Wanita

MAKLUMATNEWS.com, JAKARTA —  Terobosan baru dibuat Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar. Induk Sepak bola dunia itu memastikan untuk pertama kalinya dalam sejarah, laga Piala Dunia akan dipimpin oleh wasit wanita.

Melansir dari laman resmi FIFA, Jumat (20/5/2022), ada tiga wasit wanita yang dipastikan akan memimpin pertandingan Piala Dunia 2022.

Mereka adalah Stephanie Frappart yang berasal dari Prancis. Sementara, dua wasit wanita lainnya adalah Salima Mukansanga dari Rwanda, dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Ketua komite wasit FIFA, Pierluigi Collina menegaskan, FIFA tidak asal memilih tiga wasit wanita itu. Tiga wasit wanita tersebut, kata dia, memiliki kualitas tidak kalah dari para wasit pria yang juga akan memimpin pertandingan Piala Dunia 2022.

“Seperti biasa, kriteria pertama yang kami gunakan adalah kualitas. Kami hanya memilih perangkat pertandingan dengan level tertinggi di dunia perwasitan, dan kami menegaskan bahwa kualitas jadi aspek paling penting bagi kami, dan bukannya jenis kelamin seorang wasit,” kata Collina  dikutip dari laman resmi FIFA, Jumat.

Dalam memimpin pertandingan nanti, mereka akan dibantu oleh tiga asisten wasit wanita di setiap pertandingan.

“Untuk bisa mencapai tahap ini, kami melalui proses yang panjang, wasit wanita pertama kali digunakan di pertandingan pria dari level junior lalu perlahan ke tim senior. Saya pribadi berharap di masa depan, pemilihan perangkat pertandingan wanita untuk laga-laga penting sepakbola pria bisa dianggap normal dan tidak sesensasional sekarang,” ungkap Collina.

Selain itu, FIFA juga memastikan bahwa Piala Dunia 2022 akan melibatkan sangat banyak perangkat pertandingan.

“Total ada 36 wasit, 69 asisten wasit dan 24 wasit VAR untuk turnamen kali ini,” kata FIFA.

Beberapa tahun terakhir, memang ada perkembangan cukup pesat di dunia perwasitan. Profesi yang identik dengan pria itu mulai menyertakan wanita di lapangan hijau.

BACA JUGA  Gubernur Lepas Pesparawi Sumsel Ke Yogyakarta

Awalnya wasit wanita hanya menjadi asisten wasit saat pertandingan sepak bola di beberapa negara.

Namun, beberapa tahun terakhir, liga liga besar di Eropa mulai dipimpin wasit wanita. Walaupun, jumlahnya belum terlalu banyak. ( rri.co.id)

Editor : Sgw

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button