MOZAIK ISLAM

Istiqomah, Istikharah dan Istigfar, Tiga Amalan Untuk Menyelamatkan Kita Dalam Kehidupan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Ustad Taufiq Hidayat menegaskan ada tiga amalan terbaik dalam kehidupan. Hal ini dikatakannya saat mengisi khutbah di Masjid Nurul Yaqin, Cinde, Palembang, Jumat (27/05/2022).

Adapun tiga amalan yang ia sampaikan yaitu Istiqomah, Istikharah dan Istighfar. ” Yang pertama Istiqomah, Istiqomah adalah kokoh dalam akidah dan konsisten dalam beribadah. Orang yang istiqomah selalu kokoh dalam aqidah dan tidak goyang keimanan bersama dalam tantangan hidup. Sekalipun dihadapkan pada persoalan hidup. Ibadah tidak ikut redup, kantong sedang kering ataupun tebal, tetap memperhatikan mana yang halal dan haram, dicaci dipuji, sujud pantang berhenti, sekalipun ia memiliki fasilitas kenikmatan, ia tidak tergoda dalam melakukan kemaksiatan.” ucap Ustad Taufik.

Istikharah adalah selalu memohon petunjuk Allah dalam setiap langkah dan penuh pertimbangan dalam setiap keputusan. ” Kita memasyarakatkan istikharah dalam segala langkah kita agar benar-benar bertindak secara benar dan tidak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari.” Kata Ustad Taufiq Hidayat.

Istigfar adalah orang yang selalu instropeksi diri dan mohon ampunan kepada Allah SWT. “Tidak sedikit persoalan besar yang kita hadapi akhir-akhir ini yang diakibatkan kesalahan kita sendiri. Saatnya kita intropeksi masa lalu, memohon ampun kepada Allah, melakukan koreksi untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dengan penuh keridhaan Allah SWT,” ujar Ustad Taufiq Hidayat.

Diakhir khutbah Ustad Taufiq Hidayat berpesan jika ingin selamat dalam hidup kita harus memiliki tiga amalan itu. ” Jamaah yang dimuliakan Allah, sekali lagi, tiada kehidupan yang sepi dari tantangan dan godaan. Agar kita tetap tegar dan selamat dalam berbagai gelombang kehidupan. Maka kita harus memiliki dan melakukan tiga amalan terbaik itu, yaitu Istiqomah, Istikharah dan Istigfar.”  ucapnya diakhir khutbah.

BACA JUGA  Open Minded' Jadi Pembenaran Perilaku Menyerupai Lawan Jenis

Reporter : Hadimas Pratama  Mahasiswa Magang FDK UIN RF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button