PENDIDIKAN

Pemprov Sumsel Akan Gelar Festival Literasi

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Perpustakaan Sumsel bakal mengadakan festival literasi. Hal Ini diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Fitriana saat memimpin rapat terkait Festival Literasi, Kamis (02/06/2022).

Fitriana mengatakan, pihaknya akan melaksanakan berbagai kegiatan bersama dengan Dinas Perpustakaan Kepulauan Bangka Belitung yang dalam hal ini didukung oleh Komisi I DPRD Kepulauan Bangka Belitung. “Ya kunjungan Komisi I DPRD Kepulauan Bangka Belitung ketempat kami dalam rangka koordinasi dan evaluasi terkait program literasi,” katanya.

Lanjutnya, tentunya kunjungan ini juga membahas terkait kegiatan program festival yang dalam waktu dekat ini bakal kita laksanakan bersama. Selain itu lanjutnya, direncanakan pada Agustus mendatang perpustakaan Sumsel juga akan menggelar festival literasi yang bakl melibatkan pelajar yang ada diseluruh kabupaten dan kota yang ada di Sumsel. “Rencananya pada 6-8 Agustus mendatang,” ujar Fitriana.

Fitriana menjelaskan, Festival literasi ini akan melibatkan seluruh sekolah yang ada di Sumsel. Karena katanya, festival ini bertujuan guna membangkitkan kembali minat baca keoada anak-anak dan pelajar sekolah. Berbagai festival yang bakal digelar diantaranya literasi sains, literasi baca tulis, literasi digital dan lainnya. “Seluruh pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA bakal kita libatkan pada festival literasi nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Bangka Belitung, Nico Plamonia Utama menambahkan, maksud dan tujuan kunjungan jajaran Komisi I DPRD Kepulauan Bangka Belitung ke Perpustakaan Sumsel untuk melaksanakan koordinasi terkait program apa saja yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Sumsel dalam hal literasi. “Kami disini berkunjung untuk melihat program yang diterapkan disini. Dan rencananya bakal kita terapkan di daerah kami Kepulauan Bangka Belitung,” katanya.

BACA JUGA  DPRD Provinsi Sumsel Dapil 1 Siap Perjuangkan Aspirasi Guru di SMAN 1 Palembang

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya menilai Pemprov Sumsel saat ini program literasi sudah banyak terlaksana. Mulai dari pojok literasi digital dan lainnya sudah berjalan dengan baik. Sumsel juga dinilai lebih unggul dari program literasi dibandingkan dengan Kepulauan Bangka Belitung. “Kami banyak belajar dari sini karena program literasi di 17 kabupaten dan kota sudah berjalan dengan baik. Sehingga kami dapat belajar bagaimana mencontoh literasi di Provinsi Sumsel,” ungkap Nico.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button