PENDIDIKAN

Semarak Wisuda SDIT Al Furqon Palembang

MAKLUMATNEWS.com – Setelah dua tahun vakum akibat pandemi, seremoni wisuda Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Furqon, Palembang kembali diselenggarakan secara semarak dan kolosal untuk Angkatan ke-15 tahun ajaran 2021-2022.

Wisuda kelulusan kelas VI SDIT Al Furqon dan Tahfidz tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Harper, Palembang, Rabu 1 Juni 2022. Dengan mengusung tema, “ Quran Generation, Brilliant Future Generation”, proses wisuda perdana setelah pandemi, ini  berlangsung meriah dan begitu semarak dengan berbagai sajian yang dipertunjukan oleh anak-anak kelas V kepada para tamu undangan, terutama para orangtua siswa yang hadir. Ada juga suasana haru ketika para penghafal alquran turut tampil dan tatkala para siswa membawakan lagu “terima kasih guru” secara kolosal.

Di deretan tamu undangan yang hadir antara  tampak,  Ketua  Yayasan Al Furqon Palembang H. Djuliar Rasyid, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Riza Pahlevi, Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva HD, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H. Ahmad Zulinto serta Kepala Sekolah SDIT Al Furqon Palembang Ustadz Zakiudin, Pimpinan Redaksi Media Islam As SAJIDIN Group H. Bangun Lubis, Kepala Sekolah Unit TK, SMP dan SMA, SDIT Al Furqon serta para wisudawan dan Wali Siswa SDIT Al Furqon.

Tak dipungkiri wisuda kali ini berlangsung begitu semarak, Kepala Sekolah SDIT Al Furqon Ustadz Zakiudin mengungkapkan, acara pelepasan kelulusan siswa kelas VI kegiatan tahun 2022 ini, memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, semua rangkaian kegiatan diisi oleh peserta wisudawan itu sendiri.

“Anak-anak yang terlibat langsung, baik anak-anak masuk dalam prestasi akademik dan non akademik, seperti acara dibuka oleh tiga wisudawan sebagai pembawa acara, juga dengan mendongeng,” kata Zakiundin.

BACA JUGA  PPDB SMK Negeri di Sumsel Sudah Dibuka, Ini Jadwalnya

Ditambahkan Ketua Panitia Acara Wisuda SDIT Al Furqon, Ustadz Firmansyah S.Pd bahwa kegiatan wisudawan Tahfidz diikuti oleh 49 murid dan Pelepasan kelulusan kelas VI diikuti oleh 124 murid.

“Sebelum pandemi, kita gelar wisudawan bersama unit sekolah SMP dan SMA juga, tetapi tahun ini sedikit berbeda karena kita kebetulan tertunda dua tahun, tahun ini kita mengadakan wisuda berpisah dari unit lain, Jadi wisudanya khusus unit SDIT saja,” jelas Firmansyah.

Dikarenakan kegiatan tidak bergabung dengan unit lain, Acara dikemas sesuai usia anak sekolah dasar dengan rangkaian semi formal.

Untuk wisudawan Tahfizh misalnya, mereka yang anak perempuan atau akhwat kompak menggunakan pakaian dress hitam dengan dibalut kerudung kuning dan terdapat mahkota di atas kepala, sedangkan anak ikhwan atau laki-laki menggunakan jubah putih dengan memakai turban di kepala.

Dalam penampilannya, mereka perlahan menaiki panggung, wisudawan/ti tahfizh menampilkan bacaan doa khatam quran serta menyanyikan lagu untuk kedua orangtua. Dengan diiringi lagu dan senandung nyanyian bersama, juga tampilan video saat peserta memberikan pelukan dan mahkota kepada kedua orangtuanya karena telah menghafal Alquran, momen ini makin menambah suasana hangat juga haru.

Suasana haru tumpah menyelimuti seisi ruangan disaat parlahan sebagian para wisudawan turun dari panggung untuk memberikan bunga mawar kepada orangtua sebagai tanda kasih dan sayang serta ucapan terima kasih.

Juga para orangtua tampak menitikan air mata bahagia serta bangga terhadap ananda mereka tercinta karena menyelesaikan hafalan quran.

Selanjutnya, prosesi pengalungan gordon tahfizh dilakukan oleh Kepala Sekolah SDIT Zakiudin dan Pemberian penghargaan diberikan oleh Wakil Kurikulum Keislaman SDIT Ustadz Mukarrom.

Tampak antusias para orangtua wali menyaksikan proses wisuda, baik duduk di tempat masing-masing hingga beranjak untuk sekedar mendokumentasikan anaknya.

BACA JUGA  Rektor IIQ Jakarta: Buta Aksara Alquran di Indonesia Masih Tinggi

Setelah usai wisuda Tahfidz Qur’an, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi siswa dan siswi berprestasi kelas VI baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Ada sekitar 70 siswa siswi wisuda mendapatkan penghargaan akademik dan non akademik karena telah mengharumkan nama sekolah,”kata Ustadz Zakiudin.

Mendekati inti acara, sebanyak 147 murid yang terbagi menjadi 4 di kelas 6, memberikan persembahan terakhir dengan menyanyikan lagu persembahan terima kasih guru. Kemudian dilanjutkan prosesi wisuda siswa siswi kelas 6 ditandai dengan pengalungan gordon oleh Kepala Sekolah SDIT Al Furqon Palembang serta pemberian piagam juga foto bersama. Acara wisuda diakhiri dengan foto bersama para wisudawan dengan para wali kelas dan guru pengajar di SDIT Al Furqon.(*)

Reporter : Trijumartini

Editor     : Aspani Yasland

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button