NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir,  Juz 6 Surat An Nisa’ Ayat 171, Isa alaihissalam adalah Rasulullah (2)

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 171 berbunyi :

(یَـٰۤأَهۡلَ ٱلۡكِتَـٰبِ لَا تَغۡلُوا۟ فِی دِینِكُمۡ وَلَا تَقُولُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ إِلَّا ٱلۡحَقَّۚ إِنَّمَا ٱلۡمَسِیحُ عِیسَى ٱبۡنُ مَرۡیَمَ رَسُولُ ٱللَّهِ وَكَلِمَتُهُۥۤ أَلۡقَىٰهَاۤ إِلَىٰ مَرۡیَمَ وَرُوحࣱ مِّنۡهُۖ فَـَٔامِنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرُسُلِهِۦۖ وَلَا تَقُولُوا۟ ثَلَـٰثَةٌۚ ٱنتَهُوا۟ خَیۡرࣰا لَّكُمۡۚ إِنَّمَا ٱللَّهُ إِلَـٰهࣱ وَ ٰ⁠حِدࣱۖ سُبۡحَـٰنَهُۥۤ أَن یَكُونَ لَهُۥ وَلَدࣱۘ لَّهُۥ مَا فِی ٱلسَّمَـٰوَ ٰ⁠تِ وَمَا فِی ٱلۡأَرۡضِۗ وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ وَكِیلࣰا)

Artinya :

Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya* yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. ** Maka berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, “(Tuhan itu) tiga,” berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan yang Maha Esa, Mahasuci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung.

Selanjutnya Allah memerintahkan untuk senantiasalah beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya tanpa membedakan antara satu rasul dengan Rasul lainnya.

Dan berhentilah berkata bahwa Allah itu tiga, karena perkataan itu adalah dusta, kebohongan dan pengkhianatan kepada Allah Swt yang akan mengundang murka Allah.

Sesungguhnya Allah itu Esa, terhindar dari sekutu dan tak pernah memiliki anak.

Allah tidak pernah membutuhkan teman, pasangan dan anak, karena Allah lah pemilik, penguasa dan pengatur alam semesta langit dan bumi beserta seluruh isinya.

Wallahu A’lam,

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An'am Ayat 47 Adakah yang Allah Binasakan Selain Orang-Orang yang Zalim?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button