OLAHRAGA

Indonesia Kalahkan Kuwait 2-1, Dalam Kualifikasi Piala Asia 2023

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Timnas Indonesia berhasil mengalahkan tim tuan rumah, Kwait dengan skor tipis 2-1 dalam laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kamis (9/8/2022) dini hari WIB.

Dalam pertandingan, Kuwait sejatinya mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Yousef Nasser di menit ke-40. Namun, Indonesia berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol yang diciptakan oleh Marc Klok melalui eksekusi penalti di menit ke-44, dan Rachmat Irianto di menit ke-47.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia untuk sementara bertengger di puncak klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan 3 poin. Sementara Kwait berada di posisi keempat.

Saat pertandingan berlangsung Timnas Indonesia memulai pertandingan dengan sangat berhati-hati. Berbeda dengan Kuwait yang sudah mulai berani menekan sejak peluit babak pertama dibunyikan. Bahkan mereka sempat mendapatkan peluang emas di sepuluh menit pertama.

Pada menit ke-16, Timnas Indonesia mendapatkan peluang perdananya. Kerja sama apik dari Saddil Ramdani, Pratama Arhan, mampu diakhir oleh Marc Klok, tapi sayang tendangannya masih melenceng sedikit di gawang Kuwait.

Merasa tertekan Kuwait langsung membalas peluang dari Indonesia. Berawal dari serangan balik, Bader Al Almotawaa memberikan umpan ke dalam kotak penalti ke gawang Indonesia, tapi sayang tendangan dari Eid Alrashidi masih melenceng di atas mistar gawang.

Memasuki setengah babak pertama, Timnas Kuwait masih menguasi pertandingan. Tapi sampai dengan menit ke-25 skor 0-0 masih belum berubah lantaran penampilan bek Timnas Indonesia yang masih bermain dengan rapih.

Pada menit ke-30, Skuad Garuda berhasil mendapatkan peluang emas kembali. Kali ini lewat solo run yang didapatkan oleh Saddil Ramdani. Tapi sayang tendangannya masih diblok pemain lawan.

BACA JUGA  Palsukan Paspor Pemain, Ekuador Terancam Dicoret FIFA Dari Piala Duni 2022

Memasuki menit ke-40 Timnas Indonesia kembali mendapatkan dua peluang emas mulai dari tendangan dari Marc Klok dari luar kotak penalti dan tendangan Pratama Arhan yang masih belum on target.

Tapi sayangnya Timnas Kuwait unggul terlebih dahulu pada menit ke-40. Sundulan dari Yousef Al Sulaeman yang memanfaatkan umpan Bader tidak dapat diantisipasi oleh Nadeo Argawinata.

Tidak butuh satu menit, Indonesia berhasil mendapatkan peluang usai Rachmat Irianto yang diterjang oleh Hussain Kankone di dalam kotak penalti.

Klok yang menjadi algojo mampu menyamakan kedudukan kedudukan pada menit ke-44. Setelah gol tersebut tidak ada lagi gol yang tercipta hingga pluit babak pertama dibunyikan. Skor imbang 1-1 untuk kedua tim menjadi hasil akhir babak pertama.

Tim Garuda langsung menggebrak di awal babak kedua. Kombinasi Irianto dan Witan menghadirkan kemelut yang bikin Witan punya ruang tembak. Sepakan Witan diblok bek Kuwait, tapi bola liar bisa disambar Irianto menjadi gol pada menit ke-48.

Kuwait hampir menyamakan keduduakn beberapa saat kemudian. Bader punya ruang di depan kotak penalti. Tembakan mendatarnya belum berbuah gol karena masih menerpa tiang.

Kuwait sempat menggetarkan jala Nadeo. Yousef Alsulaiman menyambar bola umpan silang dari sisi kiri. Gol ini dianulir karena Yousef offside.

Pada menit ke-67, Kuwait mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Indonesia. Namun, Fahad Alansari gagal memanfaatkan kesempatan ini usai eksekusinya melambung.

Ahmad Al Dhefiri mencoba untuk Kuwait dari tembakan di luar kotak penalti pada menit ke-73. Usahanya juga belum berbahaya karena masih belum menemui sasaran.

Witan membuang kesempatan emas untuk membawa Indonesia menjauh di menit ke-81. Lepas dari perangkap offside usai menerima umpan dari Saddil, tembakannya tapi melenceng.

BACA JUGA  DPRD DKI Jakarta : Stadion GSJ Lebih Bagus Dari JIS

Ricky Kambuaya punya peluang di menit akhir laga. Namun, tembakannya di depan gawang bisa diblok bek Kuwait. Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga tuntas.

Editor : Sgw

 

Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott (Asnawi Mangkualam 83′), Rizky Ridho, Rachmat Irianto; Pratama Arhan (Alfeandra Dewangga 72′), Mark Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly (Muhammad Rafli 46′ (Dimas Drajad 72′)), Irfan Jaya (Witan Sulaeman 46′).

Kuwait: Fahad Al Reshidi; Rashed Aldousari, Fahad Alhajeri, Eid Alrashidi (Ali Matar 62′), Talal Alfadhel (Fawaz Alotaibi 62′), Fahed Alansari, Omar Alhebaiter, Bader Al Motawaa, Yousef Alsulaiman, Issa Ali, Hussain Kankone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button