MOZAIK ISLAM

Laznas Daarul Qur’an Palembang Dukung Kemandirian Ekonomi Rumah Tahfidz Lewat Program Pemberdayaan Dana Zakat

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG —  Sudah 5 tahun Rumah Tahfidz Al-Mahda menjadi tempat anak-anak Desa Paya Besar untuk belajar Al-Qur’an. Di dalam rumah sederhana, Ustadzah Fauziah Damayanti sang pengajar sekaligus pembina berjuang mengajar 127 santri bersama 4 ustadzah pendamping lainnya.

Dalam keterbatasannya sebagai guru honorer disalah satu Sekolah Dasar di Ogan Ilir, Ustadzah Fauziyah terus berusaha memperjuangkan berdirinya Rumah Tahfidz Al-Mahda. Ia hanya mampu memberikan bisyaroh untuk ustadzah pendamping sebesar 180 ribu per bulan, hasil dari 2 ribu rupiah yang dikumpulkan dari bayaran para santri setiap minggunya.

Meskipun guru pendampingnya tidak mempermasalahkan bisyaroh yang diberikan, tetapi Ustadzah Fauziyah sangat berkeinginan untuk memberikan yang terbaik bagi para pengajarnya agar mereka tetap semangat membantu aktivitas belajar mengajar Rumah Tahfidz.

Tim PPPA Daarul Qur’an Palembang melaksanakan survey ke Rumah Tahfidz tersebut dan bertemu ustadzah Fauziyah dalam rangka penyaluran 15 Paket dari BPKH. Dengan kondisi sederhana dan senyum semangat dari santri dan pengajar di Rumah Tahfidz, kami banyak bercerita, dari keinginannya memperbaiki fasilitas mengaji sampai untuk membantu ustadzah pendamping.

“Untuk saat ini masyarakat Paya Besar sulit mencari tempat ATK, foto copy dan print,” ujarnya. “Kadang harus ke desa tetangga yakni Payaraman dengan jarak kurang lebih 30 menit dan dalam keadaan gelap kalau malam. Mungkin jika untuk membuat usaha saya ingin membuat usaha fotokopi. Mungkin bisa untuk menopang kebutuhan Rumah Tahfidz,”kata Ustadzah Fauziyah.

Bertepatan pada hari baik, hari Jum’at (03/06) Laznas Daarul Qur’an Palembang kembali bersilaturahim dengan ustadzah Fauziyah sambil menyalurkan paket usaha foto copy dan print untuk Rumah Tahfidz Al-Mahda. Ini merupakan program pemberdayaan ekonomi dari dana zakat para donatur Laznas Daarul Qur’an Palembang.

BACA JUGA  Gembirakan Hatimu Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Ustadzah Fauziah pun tak dapat membendung rasa harunya. Ia begitu senang karena Rumah Tahfidz Al-Mahda dapat memiliki usaha dengan harapan dapat mendukung kemandirian dan keberlangsungan Rumah Tahfidz.

Melalui zakat yang dititipkan para muzakki di Laznas Daarul Qur’an Palembang, alhamdulillah dapat menjadi perantara kebaikan dan menggerakkan kegiatan ekonomi serta pemberdayaan masyarakat. Bagi dermawan lainnya yang ingin berpartisipasi dapat mengunjungi kantor Laznas Daarul Qur’an Palembang di jalan Sukabangun 2 (sebelah kantor Lurah Sukajaya). ( rilis).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button