EKONOMI

Minyak Goreng Curah Masih Mahal, Siap Beri Sanksi Oknum Nakal  

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Minyak goreng curah sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat harga Eceran Tertinggi (HET) senilai Rp14.000 per liter atau Rp15.500 perkilogram.

Berdasarkan penetapan Pemkot juga, harga maksimal minyak goreng jenis curah yang dijual di pasar tradisional diangka Rp15.500 per kilogram. Namun hasil pengawasan di lapangan, masih banyak yang menjual seharga Rp16.000 – Rp18.000.

“Harga Rp15.500 sudah paling sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah pusat setelah pencabutan subsidi dan harga tersebut sudah seharusnya juga berlaku di Palembang,” kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Palembang Raimon Lauri, Rabu (8/6/2022).

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui tak segan memberikan sanksi para oknum yang sengaja memonopoli di luar kewajaran hingga memengaruhi harga jual.

“Kami tidak ragu menindak para  Penindakan ini dilakukan baik secara administratif maupun hukum,” katanya.

Hukuman administratif yang bakal diterima pedagang nakal jika sengaja memonopoli pasar minyak goreng jenis curah sehingga memberatkan masyarakat akan mendapatkan sanksi pencabutan izin usaha dan tindak pidana.

“Pemkot akan bekerjasama dengan tim satuan tugas minyak goreng daerah yang secara ketat mengawasi produksi, distribusi hingga ke penjualan dengan melakukan sidak di pasar tradisional,” katanya.

Raimon menjamin, berdasarkan hasil pengecekan di pasar, pasokan minyak goreng jenis curah dari distributor di Palembang sudah dalam ketersediaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sehingga dengan kondisi yang ada, potensi kelangkaan minyak goreng di pasaran tidak akan kembali terjadi. Sebab pendistribusian stok minyak goreng berjalan lancar.

“Pasokan minyak goreng cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tercatat mencapai 1,4 juta liter per bulan, dengan harga yang tentunya terjangkau,” katanya.

BACA JUGA  DPR Sesalkan Anggaran Kemiskinan Rp 500 T untuk Rapat di Hotel  

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button