PENDIDIKAN

Nurseri Nasution : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Akan Kembangkan Jurnalisme Profetik

MAKLUMATNEWS.com — Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Pendidikan (Prodi) Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang akan mengembangkan Jurnalisme Profetik (kenabian) yang sangat berkaitan dengan Jurnalisme Islam.

“Ya..kita akan menuju Jurnalisme Profetik. Kita menginginkan mahasiswa yang sudah selesai studi dan ingin menjadi wartawan maka harus menerapkan kaedah-kaedah Jurnalisme Profetik,” ujar Kepala Prodi Jurnalistik Fakultas Dakwah Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah, Nurseri Nasution.

Pengembangan Jurnalistik Profetik tersebut diucapkan Nurseri Nasution ketika memberikan pesan dan kesan kepada mahasiswa yang sudah merampungkan praktek magang di Media Islam As SAJIDIN GROUP, Rabu, 8 Juni 2022, di ruang rapat Redaksi As SAJIDIN Hotel Al Furqon Palembang.

Selain mahasiswa, ikut hadir dalam acara perpisahan tersebut, para awak media As SAJIDIN GROUP, Redaktur Hasandri Agustiawan, Pembimbing magang Redaktur Jemmy Saputera, dan Pemimpin Umum Bangun Lubis.

Ada 10 orang mahasiswa yang selama 40 hari magang di As SAJIDIN GROUP. Mereka yang sebentar lagi akan menyesaikan studinya itu, langsung praktek dan mengirim berita dan tulisan As SAJIDIN GROUP seperti di media cetak As SAJIDIN, Assajidin.com, MAKLUMATNEWS.com, Sibernas.com dan Britabrita.com.

Mahasiswa yang sudah selesai magang berfoto bersama jajaran redaksi As SAJIDIN GROUP dan Pimpinan Prodi Jurnaslitik UIN Raden Fatah.

 

“Kami mengucapkan terimakasih karena mahasiswa ini telah diterima dengan baik, mendapat pembekalan mengenai berita dan liputan,” kata Nurseri Nasution.

Dengan magang di As SAJIDIN ini, lanjutnya, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi dan mengekplor banyak pengetahuan. Mahasiswa juga dibekali ilmu jurnalistik dan nasehat yang diharapkan dapat diterapkan dikemudian hari setelah lulus dari studi.

“Tahun depan akan kembali mengirim mahasiswa untuk magang di As SAJIDIN karena di media ini mahasiswa diterima dan diajari dengan baik,” kesannya.

BACA JUGA  Wujudkan Health Tourism, Gubernur Herman Deru Satukan Lokasi Proyek Gedung Kuliah FK Unsri dengan RS Siti Fatimah Az-Zahra

Selanjutnya, Kepala Prodi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah ini, juga mengungkapkan, ke depannya pihaknya akan mengembangkan Jurnalisme Profetik.

Dikatakan, sebagai fakultas dakwah tentu Jurnalisme Profetik sangat relevan diterapkan dan menjadi pegangan para mahasiswa yang akan berkiprah di dunia jurnalistik.

Jurnalisme Profetik itu, jelas Nurseri Nasution, memegang prinsip-prinsip sifat-sifat kenabian seperti kejujuran, amanah, tabligh, fatonah.

“Jadi pemberitaan itu harus benar dalam menyajikan pemberitaan, sehingga hoaks akan terjadi di dalam Jurnalisme Profetik tersebut,” jelas Nurseri Nasution singkat.(*)

Editor : Aspani Yasland

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button