OLAHRAGA

Palsukan Paspor Pemain, Ekuador Terancam Dicoret FIFA Dari Piala Duni 2022

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG —  Ekuador hampir pasti akan terlempar dari Piala Dunia 2022 apabila mereka terbukti bersalah dalam kasus pemalsuan paspor pemain. Dua negara berpotensi untuk menggantikan tempat mereka di Piala Dunia yang berlangsung di Qatar pada akhir tahun ini, yakni Italia dan Chile.

Menurut laporan dari laman Goal Internasional, Kamis (9/6/2022), yang disadur dari rri.co.id,  FIFA akan membuat keputusan tentang kontroversi tersebut pada Jumat (10/6/2022) ini, dan negara Amerika Selatan itu berada di posisi yang tidak menguntungkan. Hal ini dikarenakan Ekuador dituduh memalsukan akta kelahiran dan paspor pemain Byron Castillo agar terlihat seolah-olah ia lahir di Ekuador.

Menyusul keluhan dari pihak Chile, diketahui bahwa Castillo sebenarnya lahir di Kolombia dan tidak memiliki hak atas kewarganegaraan Ekuador. Oleh sebab itu, FIFA kemungkinan besar akan menghukum Ekuador dengan mencoret mereka dari Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang karena kasus tersebut.

Secara teori, Italia bisa menjadi pengganti Ekuador di Piala Dunia karena status mereka sebagai tim yang tersingkir dengan peringkat dunia tertinggi di FIFA.

Namun, kemungkinan besar FIFA akan memberikan kekalahan kepada Ekuador dalam pertandingan kualifikasi di mana Castillo bermain, bukan sekadar mencoret mereka dari Piala Dunia.

Itu sebabnya Chile lebih berpeluang untuk menggantikan Ekuador, karena selain itu mereka juga berasal dari konfederasi yang sama di Amerika Latin yakni CONMEBOL dan finis tepat di bawah Ekuador. ( sumber : rri.co.id).

Editor : Sgw

 

BACA JUGA  Kantor Koni Sumsel Gelap Gulita, Herman Deru Bakal Panggil Kadispora Sumsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button