SUMSEL

Sumsel Jadi Tuan Rumah Fornas, Selenggarakan 55 Inogra

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Sebanyak 55 induk organisasi olahraga bakal dipertandingkan dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI pada 1-7 Juli 2022 mendatang. Fornas ini akan diselenggarakan di Sumatera Selatan (Sumsel) tepatnya di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir sebagai tuan rumah.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel), H Mawardi Yahya mengatakan, menjadi kebanggaan saat Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah Fornas. “Nantinya even ini akan diikuti oleh 10.000 peserta dengan 55 inogra dan 10 exhibisi selama tujuh hari pelaksanaan,” katanya.

Lanjutnya, dari jumlah induk olahraga yang bakal dipertandingkan tersebut diantaranya seperti Indonesia e-SportAssociation (IESPA), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi). “Olahraga eksebisi diantaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX,” ujar Mawardi.

Mawardi mengungkapkan, pihaknya saat ini terus mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan Fornas tersebut. “Pemprov Sumsel bersama Pemerintah daerah setempat dan organisasi terkait lainnya sedang mempersiapkan venue penyelenggaraan setiap olahraga yang dipertandingkan itu,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Lokasi venue tersebut diantaranya seperti Jakabaring Sport City, Stadion Bumi Sriwijaya, Stadion Kamboja, Lapangan Hatta, Universitas Sriwijaya Palembang, Skatepark Jakabaring, Landasan Udara SMH Tanjung Senai dan termasuk mal di Palembang. “Kami membutuhkan dukungan masyarakat Sumsel untuk berpartisipasi dalam mensukseskan even ini. Dan memang pada faktanya, banyak masyarakat yang belum mengetahui dan memahami apa itu Fornas, karenanya kami juga terus mensosialisasikannya,” jelas Mawardi.

BACA JUGA  KPK RI Gelar Rakor Program Pemberantasan Korupsi di Wilayah II, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Ini

Sementara itu, Ketua Panitia Fornas VI, Achmad Syamsuddin mengatakan, Fornas memang bukan merupakan olahraga prestasi, melainkan olahraga rekreasi. Meski begitu, even ini tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sumsel. “Untuk saat ini kesiapan kita menjelang pelaksanaan Fornas sudah lebih dari 80 persen, namun kita pastikan kesiapan kita sudah matang,” katanya singkat.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button