PENDIDIKAN

Ayo Berkunjung ke Taman Bacaan Kampung Literasi Karya Mulya

Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Lakukan Pengabdian di Sana

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Berawal dari permohonan dari Yuli Harsiah selaku pengelola Taman Baca Masyarakat Karya Mulya kepada Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan Msroni, S.Pd.I.,M.Hum untuk dapat membina TBM yang telah dirintisnya sejak 2017, mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN RF dapat melakukan pengabdia masyarakat dengan ikut membina Taman Bacaan di Kawasan pinggiran Kota Palembang.

Sebelumnya, Misroni selaku dosen mengajak mahasiswa bimbingan akademiknya dari angktan 2018, 2019, 2020 dan 2021 yang berjumlah kurang lebih 32 mahasiswa,  untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Sabtu, (11/6 2022). Misroni. S.Pd.,M.Hum selaku Dosen PA mengajak juga dosen muda Ilmu perpustakaan  Sely Yoanda. S.IP,. M.P untuk melakukan pendampingan.

Saat kunjungan itu, Yuli sang perintis Taman Bacaan sangat berharap mahasiswa dapat menjadi relawan untuk mengelola koleksi yang ada dimana saat ini sudh sampai 2000 koleksi yang sudah mendapt bantuan dari perpustakaan Nasional RI. Mendapat permintaan itu, dosen dan mahasiswa langsung mengintalkan aplikasi SLIMs sebagai salah satu softwere dalam temu kembali informasi berupa koleksi yang ada  di komputer di TMB yang belum berfungsi. Dalam temu kembali informasi, dimana komputer tersebut bantuan dari pemerintah atas keberhasilan ibu yuli dalam mewujudkan kampung literasi atau TBM.

Dalam sambutannya  Misroni mengatakan terimaksih atas kepercayaan ibu Yuli yang sudah lama meminta untuk dapat membantu pengelolaan TBM tersebut dan baru terealisasi sekarang dikarenkan banyaknya agenda di kampus selama ini. Misroni mengaku salut dengan perjuangan ibu Yuli yang dapat mewujudkan TMB atau kampung literasi ini dan tentunya dapat menjadi pembelajaran bagi mahasiswa ilmu perpustakaan untuk tetap bermanfaat bagi orang lain.

Kegiatan pengabdian ini berlanjut dimana setiap mahasiswa akan membantu pengentrian koleksi yang ada di sistem yang sudah dihubungkan di komputer oleh Misroni dan Sely serta mahasiswa, dimana nantinya akan ada jadwal bagi mahasiswa yang akan turut membantu mengelola TMB tersebut dengan sistem piket.

BACA JUGA  DPRD Provinsi Bengkulu Belajar Penerapan Sekolah Gratis di SMA Negeri Sumsel

Yuli harsiah selaku pengelola Taman Baca Masyarakat Karya Mulya menerima kunjungan mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang. Taman Baca Masyarakat Karya Mulya yang didirikan pada tahun 2017. Bertempatkan di JL. Takwa Mata Merah Perumahan Kesuma Permai I Blok. H. No.2 RT.12/02 Palembang, 30161. Yuli menuturkan bahwa beliau memulai membuka TBM ini dari hanya 9 koleksi buku bacaan milik pribadi yang awalnya berada di ruang tamu yang beliau ubah menjadi ruangan umum agar dimanfaatkan untuk meningkatkan minat baca anak-anak dan masyarakat sekitar.

Adapun program TBM Karya Mulya, seperti pemanfaatan lahan tidur menjadi produktif dengan kegiatan minggu berkebun,jumat berbagi, praktik baik TBM melalui kegiatan ecobrick, briket kertas, dan ecoenzmy, serta internet untuk belajar. Dan TBM karya mulya ini pun sudah berada dibawah binaan dari PT. Pusri Palembang dan sudah memiliki beberapa capaian yang didapatkan salah satunya menjadikan masyarakat bisa lebih bijak dalam pengelolaan sampah plastic dan lebih peduli terhadap lingkungan (gotong royong mengumpulkan botol plastik/sampah). Disini mahasiswa memiliki tugas untuk membantu TBM untuk menginstalasi Slim, E-DDC, pengklasifikan terhadap buku yang belum memiliki angka penomoran terhadap buku-buku yang disimpan. ( rilis).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button