PENDIDIKAN

Masya Allah, Selain Semarak, Wisuda SMP IT Islam Al Furqon Palembang Diwarnai Bertabur Prestasi  

MAKLUMATNEWS.com —   Ternyata tidak hanya seremoni rutinitas belaka, prosesi Wisuda SMP IT Islam Al Furqon Palembang selalu tampil beda. Kali ini ketika melepas siswa yang baru lulus Kelas IX tahun pelajaran 2021-2022, wisuda yang  dilaksanakan di Ballroom The Zuri Hotel Palembang berlangsung semarak dan bertabur prestasi, masya Allah !

Wisuda angkatan ke-12 SMP Islam Al Furqon yang berlangsung Sabtu, 11 Juni 2022 itu, diikuti 154 wisudawan dan wisudawati.

Hadir dalam acara wisuda tersebut, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Al Furqon H. Djuliar Rasyid, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Al Furqon Hj Desmawati SE MSi, Direktur Sekolah Islam Terpadu Al Furqon Palembang H. Emil Rosmali SE MM MH serta para orangtua dan siswa yang diwisuda.

Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Islam Terpadu Al Furqon Palembang H Emil Rosmali SE MM MH mengucapkan terima kasih kepada orang tua siswa yang telah mempercayakan pendidikan anaknya di SMP IT Islam Al Furqon Palembang.

“Semoga apa yang dilakukan dapat dilanjutkan kemudian hari. Untuk para wisudawan dan wisudawati semoga menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak,” ujarnya.

Kasi Kesiswaan SMP Diknas Palembang Arianto MPd mengungkapkan dia bangga hadir di acara pelepasan siswa kelas IX SMP IT Islam Al Furqon Palembang yang menghasilkan siswa yang cerdas.

“Diknas tidak ada dikotomi antara sekolah swasta dan negeri. Karena sekolah swasta banyak yang bagus. SMP IT Islam Al Furqon merupakan salah satu sekolah Islam Terpadu yang banyak siswanya, karena orang tua sadar akan mempadukan ilmu dunia dan akhirat,” katanya.

“Kepada wisudawan dan wisudawati jangan lupakan almamatermu, dan guru yang sudah memberikan ilmu. Semoga kedepan SMP IT Islam Al Furqon Palembang semakin baik, dan kami siap bekerjasama memajukan dunia pendidikan,” tambah Arianto.

BACA JUGA  Rektor Unsri Resmikan Gedung Klinik Kesehatan Unsri Palembang

Sementara itu, sambutan salah seorang orang tua siswa yakni Hapriadi SH MH menuturkan, dia menitipkan anaknya SMP IT Islam Al Furqon Palembang, karena ada kekhawatiran setelah wafat.

“Karena kami membutuhkan anak yang berahlak, maka kami pilih sekolah Islam Terpadu Al Furqon Palembang,” ucap Hapriadi.

Menurutnya, waktu tiga tahun menitipkan anaknya untuk menimba ilmu SMP IT Islam Al Furqon terasa begitu cepat. Apalagi hampir 2 tahun anak tidak tatap muka secara full karena pandemi Covid-19.

“Tapi kami yakin kendati tidak bertatap muka secara langsung saat pandemi covid-19, anak kami mempunyai kelebihan di bidang ahlak. Selamat kepada wisudawan dan wisudawati satu tahapan pendidikan sudah dilalui, untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Jaga iman dan ketaqwaan. Ilmu yang didapat adalah berkah dari guru guru kalian,” ucapnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tausiyah dari Prof Dr Muhajirin MA. Dalam tausiyahnya, Prof Dr Muhajirin MA mengatakan, betapa bersyukurnya wisudan dn wisudawati ini jadi anak di zaman milenial.

“Orang tua anda dulu dididik dengan fasilitas minim, baju yang tidak sebagus yang anda nikmati. Karena orang tua anda sukses, maka kalian dititipkan untuk belajar di SMP IT Islam Al Furqon Palembang,” katanya.

“Orang tua ingin anaknya lebih berhasil, lebih hebat dari orang tuanya. Man Jadda Wajadah yang artinya siapa yang bersungguh sungguh, maka akan berhasil. Betapa gigih orang tua kita dan betapa hebatnya orang tua kita. Yang dibutuhkan dalam hidup ini kegigihan kita untuk maju. Dan yang dibutuhkan dalam hidup Alhaktul Karimah,” paparnya.

Setelah tausiyah, kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman siswa berprestasi SMP IT Islam Terpadu Al Furqon tahun 2021-2022 yakni diraih Ahmad Noval Fachriadi, Khairunisa Nurin, Zulfa Jumaidah dan Sultan El Shirazy.

BACA JUGA  FKIP Unsri Antarkan  Dua Dosen Teladannya  Dalam Kegiatan Purnabakti dan Bedah Buku

Sementara itu, Kepala SMP IT Islam Al Furqon Sunyato SPd menuturkan, yang mengikuti wisuda ini berjumlah 154 wisudawan dan wisudawati. Siswa ysng diwisuda tahun ini adalah wisuda siswa yang luar biasa. Karena dari kelas 7 baru satu tahun berjalan ada pandemi Covid-19.

 

“Alhamdulilah anak-anak dapat meraih prestasi, ini luar biasa mereka bisa menyerap ilmu yang disampaikan walaupun mengikuti pembelajaran secara daring,” katanya.

Sunyato menerangkan, lulusan SMP IT Islam Al Furqon Palembang sebagian besar melanjutkan ke jenjang SMA IT Al Furqon Palembang. Namun ada juga yang diterima di SMA Negeri 17 Palembang, SMA Negeri 1 Palembang, SMA Negeri 3 Palembang, SMA Negeri 6 Palembang, SMA Taruna Nusantara Magelang dan MAn Insan Cendikia OKI.

“Harapan kami nilai-nilai yang kami tanamkan di SMP Islam Al Furqon dipertahankan dan ditingkatkan terutama nilai Ahlak, ibadah kami harapkan dipertahankan dan istiqomah. Selain, itu setelah ini kami harapkan anak-anak bisa lebih berprestasi lagi,” ucapnya.

Lebih lanjut Sunyoto mengungkapkan, lulusan SMP Islam Al Furqon ini ada yang meraih prestasi di Olimpiade Matematika, Bahas Inggris, IPA, dan bidang olahraga seperti Yudo dan Karate.

“Siswa kita ada yang meraih medali emas, perak dan perunggu. Prestasi itu bisa diraih siswa karena kerjasama kita semua. Kita juga ada tim pembinaan siswa berprestasi,” tandasnya.(*)

Reporter : Yanti

Editor     : Aspani Yasland

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button