NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 3 Hal-Hal yang Haram Dikonsumsi (1)

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 3 berbunyi :

(حُرِّمَتۡ عَلَیۡكُمُ ٱلۡمَیۡتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحۡمُ ٱلۡخِنزِیرِ وَمَاۤ أُهِلَّ لِغَیۡرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلۡمُنۡخَنِقَةُ وَٱلۡمَوۡقُوذَةُ وَٱلۡمُتَرَدِّیَةُ وَٱلنَّطِیحَةُ وَمَاۤ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّیۡتُمۡ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسۡتَقۡسِمُوا۟ بِٱلۡأَزۡلَـٰمِۚ ذَ ٰ⁠لِكُمۡ فِسۡقٌۗ ٱلۡیَوۡمَ یَىِٕسَ ٱلَّذِینَ كَفَرُوا۟ مِن دِینِكُمۡ فَلَا تَخۡشَوۡهُمۡ وَٱخۡشَوۡنِۚ ٱلۡیَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِینَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَیۡكُمۡ نِعۡمَتِی وَرَضِیتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَـٰمَ دِینࣰاۚ فَمَنِ ٱضۡطُرَّ فِی مَخۡمَصَةٍ غَیۡرَ مُتَجَانِفࣲ لِّإِثۡمࣲ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورࣱ رَّحِیمࣱ)

Artinya :

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih.* Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlām (anak panah),* (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini* orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barang siapa terpaksa* karena lapar bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Pada ayat ini Allah menjelaskan dengan rinci berbagai macam hal-hal yang diharamkan bagi kalian.

Adapun hal-hal yang Allah haramkan tersebut untuk dikonsumsi oleh manusia adalah seluruh binatang yang menjadi bangkai, kecuali binatang-binatang laut dan belalang. Yang dimaksud bangkai pada ayat ini adalah seluruh binatang yang mati sebelum disembelih dengan penyembelihan yang benar.

Kemudian darah yang mengalir, babi dan segala bentuk bagian dari babi dan produknya.
Demikian juga segala bentuk binatang yang disembelih dan tidak menyebut nama Allah saat menyembelihnya.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A'raf Ayat 133 Azab-azab yang Allah Timpakan kepada Mereka

Selanjutnya seluruh binatang yang tercekik hingga dia mati, atau yang mati karena dipukul, atau karena ditanduk oleh hewan lainnya atau karena diterkam oleh hewan-hewan buas yang tidak sempat disembelih.

Wallahu A’lam,

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button