OLAHRAGA

Persiapan Fornas VI Sudah Mencapai 85 Persen

Sudah 30 Provinsi Yang Mendaftar, Tinggal 4 Provinsi Lagi

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Persiapan untuk penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Telah mencapai 85 persen. Hal ini diungkapkan Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman saat memberikan keterangan pers di Kantor Pemprov Sumsel, Senin (13/06/2022).

Hayono mengatakan, persiapan Fornas VI di Provinsi Sumsel saat ini sudah lebih dari 85 persen. “Persiapannya saat ini sudah sangat luar biasa mulai dari venue dan lainnya. Tinggal menantikan kemeriahannya saja pada saat berlangsungnya Fornas. Mari kita doakan semoga Sumsel siap menjadi tuan rumah yang sukses,” katanya.

Lanjutnya, untuk jumlah peserta yang akan mengikuti Fornas VI ini berjumlah 10 ribu lebih yang berasal dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. “Untuk saat ini yang telah mendaftar baru 30 Provinsi sedangkan 4 Provinsi lagi masih kita tunggu pendaftarannya hingga 18 Juni mendatang. 4 Provinsi itu yaitu Papua, Maluku Utara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara,” ujar Hayono.

Hayono menjelaskan, jumlah peserta yang ikut serta dalam FORNAS ke VI ini melebihi dari FORNAS ke V lalu. Artinya, antusias masyarakat terhadap olahraga rekreasi ini cukup tinggi. Bahkan, 57 persen diantaranya berangkat dan ikut serta tanpa menggunakan APBD alias secara mandiri. Sedangkan, sisanya 43 persen sudah dibantu APBD daerah masing-masing. “Ini kecintaan mereka kepada olahraga. Bahkan, mereka telah menabung ini sejak tahun lalu,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, untuk itu pihaknya meminta provinsi Sumsel yang menjadi tuan rumah dapat melayani setiap peserta baik secara mandiri maupun yang menggunakan APBD. Karena, peserta ini berasal dari provinsi yang berbeda-beda. “Jadi kami harap panitia untuk berhati-hati dalam melayani dan menjadi tuan rumah yang baik,” ungkap Hayono.

BACA JUGA  Indonesia Kalahkan Kuwait 2-1, Dalam Kualifikasi Piala Asia 2023

Hayono menambahkan, dalam FORNAS VI Induk Olahraga (Inogra) yang dipertandingkan, dimana rinciannya 56 inogra di pertandingkan sedangkan delapan inogra menjadi eksibisi. “Untuk pembukaan disepakati dilaksanakan pada 1 Juli 2022 malam yang akan diadakan di pinggir danau. Rencananya akan dihadiri presiden,” katanya.

Sementara itu, Ketua KORMI Sumsel, Samantha Tivani mengatakan, target Sumsel sukses prestasi dan sukses pelaksanaan. Untuk pelaksanaan akan diadakan di Palembang, di JSC dan beberapa mal. Kemudian di OI, untuk airsoft gun, layang-layang dan memanah. “Dari 55 inorga yang diperlombakan, kita ikut semua. Target kita masuk tiga besar, untuk inorga yang jadi Andalan Poco-Poco,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, yang harus diantisipasi keamanan, karena yang datang lebih 10 ribu orang. Maka keamanan dan kenyamanan yang harus dijaga. “Untuk opening direncanakan terbuka untuk umum dan akan ada artis-artis yang turut dihadirkan, namun untuk saat ini belum dapat saya beritahu, nanti kalau sudah dekat baru akan diinfokan,” ungkap Samantha.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button