OLAHRAGA

Kosta Rika Negara Terakhir Lolos ke Putaran Piala Dunia Qatar 2022

MAKLUMATNEWS.com, JAKARTA – Negara Kosta Rika menjadi negara terakhir yang lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022 setelah mereka menang 1-0 atas Selandia Baru dalam pertandingan play-off Piala Dunia yang digelar di Al Rayyan Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Kosta Rika berhasil memaksimalkan peluang dengan gol semata wayang dari Joel Campbell di awal laga (3′). Selandia Baru terus melawan, tapi tidak bisa mencetak gol balasan.

Hasil tersebut sekaligus membuat Zona CONCACAF mengirimkan empat wakilnya ke pesta sepakbola di Qatar. Sebelum Kosta Rika, sudah ada Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat yang lebih dulu memastikan tiket lolos ke putaran final.

Dalam pertandingan, Kosta Rika langsung main agresif sejak awal. Garis tekanan tinggi yang diterapkan Kosta Rika membuat Selandia baru kerepotan.

Namun, Secara mengejutkan Kosta Rika langsung mencetak gol di menit ke-3. Melalui sontekan Joel Campbell mereka membuka skor menjadi 1-0 di Al-Rayyan Stadium.

Berawal dari serangan di sisi kiri, seorang pemain Kosta Rika sempat terjatuh tapi permainan jalan terus. Bola kemudian dioper ke tengah, menuju Joel Campbell yang sudah merangsek masuk area gawang.

Di tengah kepungan tiga pemain Selandia Baru, Joel Campbell tetap mampu menyambut si kulit bundar yang ia teruskan dengan sepakan ke arah gawang.

Setelah dikejutkan, permainan Selandia Baru tidak berkembang dengan baik. Mereka sering melakukan kesalahan-kesalahan mendasar seperti mengoper dan menahan bola.

Tempo permainan pun seiring waktu melambat karena Selandia Baru tampak kebingungan. Mereka lebih banyak menunggu bola dan melakukan kesalahan sendiri.

Selandia Baru sebenarnya berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan pada menit ke-40. Namun sayang salah satu pemainnya sudah terjebak offside terlebih dahulu. Skor 1-0 untuk keunggulan Kosta Rika bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA  Timnas Belanda Sukses Raih Tiket 16 Besar

Di awal babak kedua, kedua tim sama-sama berjuang untuk menguasai pertandingan. Terutama bagi Selandia Baru yang membutuhkan gol untuk setidaknya menyamakan kedudukan.

Chris Wood sempat menggetarkan gawang Kosta Rika. Tapi VAR menganulir gol untuk Selandia Baru tersebut.

Usaha Selandia Baru untuk mengejar jadi kian berat setelah Kosta Barbarouses mendapat kartu merah di menit ke-67, juga usai pertimbangan VAR, hanya tujuh menit setelah masuk jadi pemain pengganti. 20 menit akhir, Selandia Baru main dengan 10 pemain.

10 menit terakhir, Selandia Baru masih terus menekan, tapi Kosta Rika bisa bertahan dengan rapi. Unggul jumlah pemain membuat Kosta Rika lebih percaya diri.

Tidak ada gol tambahan di sisa laga. Wasit meniup peluit panjang. Skor 1-0 untuk kemenangan Kosta Rika.

Susunan Pemain:

Kosta Rika: Keylor Navas (GK); Bryan Oviedo, Keysher Fuller (Carlos Martinez 46′), Francisco Calvo, Oscar Duarte; Yeltsin Tejeda, Celso Borges (Daniel Chacon 79′); Gerson Torres (Kendall Waston 46′), J. Bennette (Bryan Ruiz 46′), Joel Campbell (Johan Venegas 90′; Anthony Contreras

Selandia Baru: Oliver Sail (GK); Nando Pijnaker, Bill Tuiloma, Winston Reid (Elijah Just 72′), Liberato Cacage, Niko Kirwan (Tim Payne 79′), Joe Bell, Clayton Lewis (Marko Stamenic 79′), Matthew Garbett (Ben Waine 60′); Chris Wood, Alex Greive (Kosta Barbarouses 60′).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button