EKONOMI

OPD Diminta Membeli Produk Dalam Negeri Untuk Kebutuhan Kantor

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Sumatera Selatan Diminta Untuk membeli Produk dalam negeri dalam memenuhi kebutuhan Kantor. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H Mawardi Yahya Saat diwawancarai seusai mengikuti Webinar Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Tahun 2022 dengan Tema “Kawal Produk Dalam Negeri Untuk Bangsa Mandiri” diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, Selasa (14/06/2022).

Mawardi mengatakan, dirinya meminta seluruh OPD memaksimalkan anggaran belanja daerah dengan membeli produk dalam negeri. “Jadi anggaran yang ada di OPD ini sesuai instruksi Presiden supaya dimaksimalkan untuk belanja produk-produk dalam negeri, diumpamakan Presiden seperti mesin jahit, kalau bisa beli buatan dalam negeri saja, termasuk untuk produk-produk lainnya,” katanya.

Lanjutnya, saat ini masih ada OPD yang memakai produk luar negeri untuk keperluan tertentu. Biasanya, pemakaian produk itu karena tak tersedia di Tanah Air atau karena kualitasnya kurang baik. “Sekarang realisasinya baru mencapai 40 persen, kedepannya harapan Presiden mungkin bisa mencapai 90 persen,” ujar Mawardi.

Mawardi menjelaskan, Kedepan, pihaknya akan mendata berapa banyak kebutuhan anggaran belanja yang digunakan oleh seluruh OPD. Baik untuk belanja produk dalam negeri maupun luar negeri. “Dari pendataan ini, nanti seluruh OPD kita harapkan bisa mengikuti pelatihan dan pembinaan terkait belanja E-Katalog. Kalau sekarang kita masih tentatif, belum tahu berapa banyak, hanya sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, Dalam arahan yang disampaikan Presiden, pembelian produk dalam negeri berapapun nilainya asalkan memenuhi kriteria bisa dilakukan. “Hal itu sekaligus untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah,” ungkap Mawardi.

Reporter : Maulana

BACA JUGA  Tak Bayar THR, 35 Perusahaan Dilaporkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button