OKU SELATAN

Disnakertrans OKU Selatan  Minim Data Ketenagakerjaan

MAKLUMATNEWS.com, MUARADUA – Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) mendampingi Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Kabupaten OKU Selatan ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan dengan agenda membahas Masalah Pengawasan  Tenaga Kerja Swasta dan Pendirian Balai Latihan Kerja, Kamis (16/06/2022).

Kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten OKU Selatan Windya Alhadipuro, S.E. ini berlangsung di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan, dan turut dihadiri oleh Para Anggota Komisi III DPRD Kabupaten OKU Selatan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan Drs. H. Koimudin, S.H.,M.M. Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten OKU Selatan Darmawan, S.Sos. dan Para Kepala Bidang dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kunjungan kerja ini ada beberapa point penting yang menjadi dasar permasalahan, yakni Disnaker Kabupaten OKU Selatan tidak pernah menerima data Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan (WLKP), sehingga kesulitan mendapatkan  ketenagakerjaan. Selanjutnya berdasarkan keterangan dari pengawas ketenagakerjaan hanya ada beberapa perusahaan yang melaksanakan WLKP, tidak semua perusahaan mau memberikan informasi/laporan terkait data ketenagakerjaan. Dan dalam pelaksanaan fungsi pengawasan di Kabupaten tidak pernah ada koordinasi dengan bidang-bidang.

Terkait permasalahan yang disampaikan langsung oleh Ketua Komisi III ini, Kepala Disnakertrans Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan bahwasannya saat ini tugas dan fungsi pengawasan telah diambil alih oleh Disnakertrans Provinsi Sumatera Selatan, sedangkan untuk Balai Latihan Kerja (BLK) hanya empat Kabupaten/Kota Se Sumsel yang belum memiliki BLK, termasuk salah satunya Kabupaten OKU Selatan.

Koimudin juga mengatakan bahwa sangat menyambut baik kunjungan ini, terkait permasalahan yang terjadi di Kabupaten OKU Selatan pihaknya juga siap untuk membantu Pemkab OKU Selatan.

BACA JUGA  Ciptakan Suasana Nyaman, Pesantren Ittifaqiah Tambah Ruang Belajar

Ketua Komisi III terkait kunjungan ini berharap dukungan dari Disnakertrans Provinsi Sumatera Selatan, tentunya tidak hanya dukungan namun lebih menguatkan sinergitas terkait permasalahan ketenagakerjaan, sehingga meminimalisir permasalahan  ketenagakerjaan di Kabupaten OKU Selatan.

Reporter : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button