OLAHRAGA

Persiapan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS)  Sudah 90 Persen, Tinggal Pemantapan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Persiapan Perhelatan akbar Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) ke VI sudah mencapai 90 Persen dan tinggal pemantapan saja. Hal ini diungkapkan Sekretaris Umum Komite Olaraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumsel Eko Agus Sugianto saat diwawancarai, Kamis (16/06/2022).

Eko mengatakan, persiapan untuk Fornas ke VI yang akan diadakan 1-7 Juli mendatang sudah mencapai 90 Persen dan tinggal pemantapan saja. “Progres persiapan sudah lebih dari 90 persen, tinggal pemantapan saja,” katanya.

Lanjutnya, saat ini yang sudah terdaftar 10.198 orang pegiat olahraga dari 31 Provinsi.  Tinggal tiga provinsi lagi yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Maluku Utara. “Dari 10.198 pengiat ini 58 persen atau 5.874 pengiat menggunakan biaya mandiri dan 42 persen atau 4.324 pengiat menggunakan biaya KORMI masing-masing provinsi atau dana APBD,” ujar Eko.

Eko menjelaskan, untuk fasilitas yang disediakan dari Pemprov Sumsel seperti menyediakan transportasi satu kontingen satu kendaraan. “Jadi selebihnya mereka sewa sendiri. Lalu kita sarankan juga untuk naik LRT dan Feeder yang ada. Terlebih Feeder yang disediakan gratis. Sedangkan untuk penginapan di Palembang ini mencukupi,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, untuk Wisma Atlet Jakabaring Sport City bisa menampung sekitar 3 ribu peserta, lalu hotel bintang 3-5 total bisa menampung 6 ribu dan non bintang bisa menampung sekitar 3 ribu peserta. “Diawal pembukaan bisa saja penuh. Namun seiring berjalannya perlombaan akan berkurang, karena yang sudah mengikuti perlombaan tentu akan pulang agar tidak terjadi penumpukan,” ungkapnya.

Eko menambahkan, Sedangkan untuk kedatangan peserta biasanya tim dari mereka akan datang h-3 atau h-2 sebelum acara. Karena mereka ada tim survey untuk lokasi venue, akomodasi, konsumsi, transportasi dan lain-lain. “Bagi masyarakat yang ingin menonton dipersilahkan dan gratis. Tapi kalau masuk JSC nya seperti diketahui memang bayar untuk parkirnya,” katanya.

BACA JUGA  Senin Dinihari 10 April 2023, Al Nassr Hadapi Al Feiha di King Salman Sports City Stadium

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button