NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 4 Hal-Hal yang Halal Bagi Kalian

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 4 berbunyi :

(یَسۡـَٔلُونَكَ مَاذَاۤ أُحِلَّ لَهُمۡۖ قُلۡ أُحِلَّ لَكُمُ ٱلطَّیِّبَـٰتُ وَمَا عَلَّمۡتُم مِّنَ ٱلۡجَوَارِحِ مُكَلِّبِینَ تُعَلِّمُونَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ ٱللَّهُۖ فَكُلُوا۟ مِمَّاۤ أَمۡسَكۡنَ عَلَیۡكُمۡ وَٱذۡكُرُوا۟ ٱسۡمَ ٱللَّهِ عَلَیۡهِۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَرِیعُ ٱلۡحِسَابِ)

Artinya :

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, “Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”

Pada ayat ini Allah menjelaskan tentang hal-hal yang dihalalkan bagi kalian.

Para sahabat Nabi bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang hal-hal yang dihalalkan kepada mereka

Maka Allah menyuruh kepada Nabi Muhammad untuk menguraikannya, bahwa dihalalkan bagi kalian segala hal yang baik. Kata toyiban: mencakup makna makanan-makanan yang baik dan halal, baik untuk manusia karena kandungan gizi dan bermanfaat bagi kesehatan, juga baik dari sisi agama karena kehalalannya.

Halal juga mengonsumsi binatang buruan yang ditangkap oleh binatang-binatang yang telah dilatih untuk berburu dan mengikuti perintah kalian menyebut nama Allah saat melepasnya. Konsumsilah itu semua dengan baik dan memulai Dengan menyebut nama Allah swt.

Dan takutlah kepada Allah sehingga kalian tidak meninggalkan perintah-perintah dan melanggar larangan-Nya.

Sesungguhnya hisab Allah swt sangatlah cepat.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al Maidah Ayat 83 Bentuk Kedekatan Delegasi Nasrani Habsyah kepada Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button