OLAHRAGA

Piala Presiden Dievaluasi, Buntut Tewasnya Dua Suporter Persib Bandung  

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — PT Liga Indonesia akan  mengevaluasi pelaksanaan Piala Presiden 2022. Evaluasi ini dilakukan menyusul meninggalnya dua suporter Persib Bandung (Bobotoh) saat akan menyaksikan pertandingan lanjutan Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA, Jumat (17/6/2022) malam.

“Ini menjadi pelajaran, kita akan analisa dan evaluasi semuanya,” kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Akhmad Hadian Lukita, yang dikutip dari rri.co.id, Senin (19/6/2022).

“Mudah-mudahan ke depan tidak terjadi lagi seperti ini semoga ini menjadi kejadian yang terakhir,” harapnya.

Bahkan Ia mengapresiasi langkah PSSI yang membuat tim investigasi terkait peristiwa ini.

“Paling tidak dari kejadian kemarin tim PSSI membentuk tim investigasi tim akan melakukan pendalaman. Kalau ke depannya memang kami serahkan kembali kepada otoritas keamanan,” jelasnya.

Selain berduka cita atas tewasnya dua suporter Persib Bandung, Ahmad menyebut kejadian tersebut menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk patuh terhadap peraturan di stadion yang ditetapkan panitia pertandingan.

“Kami mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga. Kami juga sudah datang ke rumah duka di Bandung dan di Bogor. Alhamdulillah mereka sudah mengiklaskan, ini menjadi pelajaran buat kita semua agar berhati-hati patuh terhadap peraturan di stadion dimana yang tidak punya tiket ya tidak usah hadir ke stadion,” terangnya.

Kejadian tewasnya dua suporter ini, menurutnya, karena euforia dari suporter yang rindu menyaksikan pertandingan di stadion.

“Mungkin karena eforia yang sudah lama seperti puasa yang terlalu lama mengakibatkan kejadian ini. Hadirnya di stadion menjadi harapan mungkin ingin melihat langsung. Padahal, pemda setempat dan kepolsian sudah menyediakan titik-titik nonton bareng kan, ada layar-layar lebar tetapi mungkin ini sudah lama memang pengen menonton,” paparnya.

BACA JUGA  Jepang Dan Arab Saudi Dipastikan Lolos Piala Dunia 2022

Sebelumnya, Dua suporter Persib Bandung (Bobotoh) meninggal dunia saat akan menyaksikan pertandingan lanjutan Piala Presiden 2022 antara Persib Bandung  melawan Persebaya Surabaya pada lanjutan penyisihan Grup C, Jumat (17/6/2022) malam di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Dilaporkan, membeludak penonton  memenuhi GBLA menjadi penyebab terjadinya kericuhan dan saling dorong saat akan memasuki stadion.

Insiden ini terjadi di depan Gerbang U dan V Stadion GBLA. Disebutkan, korban meninggal karena sesak napas atau kekurangan oksigen akibat banyaknya suporter yang berebut masuk ke dalam stadion.

Editor : Sgw

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button