NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 8 Berlaku Adil-lah

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 8 berbunyi :

(یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ كُونُوا۟ قَوَّ ٰ⁠مِینَ لِلَّهِ شُهَدَاۤءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا یَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَـَٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰۤ أَلَّا تَعۡدِلُوا۟ۚ ٱعۡدِلُوا۟ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِیرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ)

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Pada ayat ini Allah menyeru orang-orang Mukmin untuk berlaku adil atas dasar kebenaran dan keimanan kepada Allah dan ketaatan kepada rasul-Nya.

Kemudian Allah melarang kedekatan terhadap suatu kaum, kelompok, organisasi, paguyuban dan lain sebagainya menyebabkan terjadi kecenderungan dan ketidakadilan.

Berlaku adil lah meskipun yang dihadapi adalah musuh dan kawan, karena keadilan menjadi penghantar dan indikasi ketakwaan seseorang.

Dan janganlah sekali-kali melampaui batas keadilan tersebut.
Allah mengetahui segala yang kalian lakukan dan akan membalas sesuai dengan perlakuan kalian.

 

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir Juz 5, Surat An Nisa' Ayat 49 Allah yang Memberi Label Suci pada Hamba-Nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button